adplus-dvertising

Pemda Kolut Punya Program Prioritas di 2022, Termasuk Pembangunan Rujab Bupati

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 17 Agustus 2021
791 dilihat
Pemda Kolut Punya Program Prioritas di 2022, Termasuk Pembangunan Rujab Bupati
Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH, saat ditemui usai upacara peringatan HUT RI Ke-76. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Pemerintah Daerah Kolaka Utara akan fokus pada program pembangunan sektor revitalisasi kakao dan program-program ekonomi kerakyatan lainnya, pada tahun 2022 mendatang. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) akan fokus pada program pembangunan sektor revitalisasi kakao dan program-program ekonomi kerakyatan lainnya, pada tahun 2022 mendatang.

Selain itu, Pemkab juga akan fokus pada pembangunan Rumah Jabatan (Rujab) bupati dan wakil bupati Kolut yang terletak di Leppeloang, Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Lasusua, tepatnya di jalur by pass Lasusu-Tobaku.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar, usai menggelar upacara peringatan HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021).


"Di samping revitalisasi kakao, tahun 2022 kami juga fokus pada pembangunan Rujab bupati dan wakil bupati. Pembangunannya di mulai tahun depan dan tahap finishingnya di tahun berikutnya," terangnya.

 

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar MH, saat memanen buah kakao hasil program revitalisasi kakao di Desa Pohu, Kecamatan Rante Angin. Foto: dok. Diskominfo Kolut

 

Terkait tingkat keberhasilan program revitalisasi kakao, Nur Rahman yakin bagi masyarakat yang fokus menanam dan merawat bibir kakao yang telah disalurkan pemerintah daerah sejak 2018 lalu pasti berhasil.

"Untuk mengukur persentase tingkat keberhasilan revitalisasi kakao di Kolaka Utara belum ada alat ukurnya. Tapi secara kasat mata dapat disaksikan, yang tidak berhasil itu mereka yang tidak menanam. Sepanjang masyarakat menanam dan memelihara saya yakin pasti berhasil," pungkasnya.

Baca juga: Pejabat Pemkab Kolaka Jalani Tes Urine Usai Upacara HUT RI

Baca juga: SK Pelantikan Bupati-Wabup Muna Terpilih Berproses di Kemendagri

Untuk diketahui, Pemda Kolut sejak 2018 hingga saat ini telah menyalurkan jutaan bibit kakao untuk masyarakat Kolut yang tersebar di 15 kecamatan.

Program revitalisasi kakao merupakan program unggulan Pemkab Kolut di bawa kepemimpinan H. Nur Rahman Umar dan H. Abbas.

Melalui program ekonomi kerakyatan tersebut, Pemkab berharap perekonomian masyarakat Kolut dapat meningkat dan laju angka kemiskinan dapat ditekan.

Usaha pemerintah untuk mengembalikan kejayaan kakao di Kolut melalui program revitalisasi, mulai menuai hasil.

Hal tersebut terlihat melalui kegiatan panen perdana hasil program revitalisasi kakao yang telah diselenggarakan di Desa Powala'a, Kecamatan Pakue Tengah, pada Rabu (15/7/2020), dan panen bersama hasil program revitalisasi kakao di Desa Pohu, Kecamatan Rante Angin, Kamis (87/2021) lalu.

Sementara itu, beberapa agenda panen bersama hasil program revitalisasi kakao yang sedianya digelar di desa-desa pada bulan Juli lalu, terpaksa batal dilaksanakan akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (C-Adv)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga