adplus-dvertising

Pemda Kolut Raih Penghargaan P3MD

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 18 Desember 2019
3745 dilihat
Pemda Kolut Raih Penghargaan P3MD
Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH saat menerima piagam penghargaan P3MD dari Pemda Prov. Sultra. Foto: Istimewa

" Banyak Perbub yang disahkan sebagai bentuk dukungan untuk P3MD. Salah satunya, Perbup alokasi dana desa (ADD), Perbup pengelolaan keuangan desa, Perbup BUMdes, Perbup pengelolaan aset desa, Perbup kawasan pedesaan, Perbup kewenangan desa dan masih banyak lagi. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menerima piagam  penghargaan dari Pemerintah Porvinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) atas dukungan pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Sultra tahun anggaran 2015-2019.  

Baca Juga: Pengedar Narkoba Jaringan Lapas Kendari Kembali Dibekuk Polisi

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra kepada Bupati Kolut, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH, Selasa (17/12/2019) di salah satu hotel di Kota Kendari.


Menurut keterangan Tenaga Ahli (TA P3MD) Kolut, Samsir, ST. M.Si, piagam penghargaan tersebut layak diberikan kepada Pemda Kolut mengingat selama ini dukungan Pemkab dalam bentuk sharing program, integrasi kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan kegiatan pembangunan di desa, dan dukungan regulasi dalam bentuk peraturan bupati (Perbup) untuk mendukung kelancaran P3MD sangat membantu.

"Banyak Perbub yang disahkan sebagai bentuk dukungan untuk P3MD. Salah satunya, Perbup alokasi dana desa (ADD), Perbup pengelolaan keuangan desa, Perbup BUMdes, Perbup pengelolaan aset desa, Perbup kawasan pedesaan, Perbup kewenangan desa dan masih banyak lagi," kata Samsir kepada media Telisik.id, Rabu (18/12/2019).

Samsir menilai program yang digagas pemerintah pusat melalui Kementerian Desa (Kemendes) dengan tujuan  meningkatkan  kualitas pemanfaatan dana desa baik di bidang pembangunan maupun di bidang pemberdayaan masyarakat  sangat membantu masyarakat Kolut.

"Program ini sangat membantu masyarakat Kolut terlebih lagi dengan adanya dukungan penuh pemda sehingga sampai saat ini masyarakat desa telah merasakan manfaatnya baik itu infrastruktur desa maupun pemberdayaan desa," terangnya.

Baca Juga: Dewan Berharap Tak Ada Diskriminasi Anggaran di Kepulauan Busel

Ke depan, hubungan koordinasi dengan pemda Kolut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta OPD terkait lainnya diharapkan lebih ditingkatkan sehingga kualitas program P3MD baik di tingkat desa maupun di tingkat kabupaten mampu memberi dampak positif bagi masyarakat umum.

"Kami juga berharap dan berpesan  kepada aparat desa agar kedepannya menghindari masalah-masalah terkait penggunaan dan pemanfaat dana desa dengan lebih banyak berkoordinasi dengan pendamping," harapnya.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Rani

Baca Juga