Pemda Konawe Bakal Hentikan Izin Alfamidi dan Indomaret

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 05 September 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Bakal Hentikan Izin Alfamidi dan Indomaret
Sekertaris Daerah Konawe tekankan Pemda bakal cabut izin gerai Alfamidi dan Indomaret untuk berdayakan UMKM lokal. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Konawe akan menghentikan izin gerai Alfamidi dan Indomaret "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe akan menghentikan izin gerai Alfamidi dan Indomaret, untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada UMKM lokal untuk berkembang.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan. Pasalnya, pemberhentian izin perusahaan waralaba tersebut karena akan adanya  Islamic Center di Masjid Babussalam di Kabupaten Konawe.

"Masjid itu, dalam konsep kita akan dijadikan Islamic Center. Kita ingin remaja-remaja mesjid ini yang aktif nantinya," jelasnya.

Ferdinand mengungkapkan, pihaknya akan minta izin ke Kementerian Agama untuk pengembangan Islamic Center agar tumbuh dengan pendidikan dan bisnis ekonominya.

"Nanti Indomaret dan Alfamidi itu kita akan hentikan izinnya supaya Islamic Center berfungsi dalam aktivitas ekonominya," ungkap Ferdinand.

Baca Juga: Pedagang di Buton Tolak Pembangunan Indomaret dan Alfamart

Selain itu, lanjut Ferdinand, Pemerintah Kabupaten Konawe memberhentikan izin Alfamidi dan Indomaret juga agar minimarket lokal dapat mendorong kemajuan perekonomian di bidang UMKM lokal.  

Lebih lanjut, Jenderal ASN ini mengatakan, penataan pedagang UMKM lokal di kawasan STQ juga akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Pembangunan Indomaret di Muna Barat Dinilai Bisa Matikan UMKM

"Pedagang di kawasan STQ itu memang dari awal tidak boleh itu, dulu karena pertimbangan COVID-19. Saat kondisi ekonomi setengah mati, masa kita tidak kasih ruang untuk berdagang, tapi sekarang kita mau tata di kawasan STQ," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM lokal Kabupaten Konawe, Hakim Hasan mengatakan, penataan lokasi untuk mengembangkan UMKM lokal memang perlu dilakukan.

Hasan mengungkap, dengan adanya tempat yang disediakan nanti oleh Pemda Konawe, diharapkan dapat meningkatkan penjualan UMKM. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga