Pemda Konawe Jajaki Kerja Sama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak Bersama Pemkab Bogor

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 09 Juli 2024
0 dilihat
Pemda Konawe Jajaki Kerja Sama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak Bersama Pemkab Bogor
Pemda Konawe jajaki kerja sama dengan Pemkab Bogor dalam pembangunan pabrik pakan ternak. Foto: Ist.

" Dua putra terbaik asal Sulawesi Tenggara, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba dan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu, menggelar diskusi terkait rencana kerja sama pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe "

BOGOR, TELISIK.ID – Dua putra terbaik asal Sulawesi Tenggara, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba dan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu, menggelar diskusi terkait rencana kerja sama pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe, Senin (8/7/2024).

Diskusi yang berlangsung di Kantor Bupati Bogor ini bertujuan untuk membahas rencana kerja sama pembangunan pabrik pakan ternak, yang nantinya diharapkan dapat membawa dampak positif bagi sektor peternakan dan perekonomian masyarakat.

Dikabarkan, pertemuan kedua pejabat daerah asal Sulawesi Tenggara ini terjadi setelah mengikuti acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2023 dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 di Jakarta.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, mengatakan bahwa pertemuannya dengan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu adalah untuk membangun komunikasi terkait rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe.

Harmin Ramba menjelaskan rencana kerja sama ini berkaitan dengan Konawe sebagai Kota Padi. Diketahui Kabupaten Bogor memiliki pengalaman dalam bidang investasi sektor pakan ternak, sehingga hasil diskusi dengan Pj Bupati Bogor cukup menarik.

"InsyaAllah, kita akan tindak lanjuti dalam pembahasan-pembahasan teknis program ke depannya," tambahnya.

Baca Juga: Harmin Ramba Hadiri Penyampaian LHP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Oleh BPK RI

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa mereka sudah membahas terkait kunjungan kerja bersama dinas terkait untuk membahas kerja sama pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe.

Terkait dengan lahan, mantan Camat Abuki ini juga mengatakan bahwa pihak Pemda Konawe melakukan sejumlah persiapannya, dimana yang rencana awal lahan yang dipersiapkan sebagai kawasan industri pertanian nanti diharapkan dapat mencapai 300 hektare.

"Di dalam kawasan tersebut sudah termasuk pabrik pakan ternak serta pabrik beras dan lain sebagainya, sehingga ini menjadi konsep teknis ke depannya," lanjutnya.

Ia mengungkapkan jika nanti ini terealisasi, peternak tidak harus mencari pakan ternak kemana-mana. Menurut informasi dari Pj Bupati Bogor, harga pakan ternak ini sangat murah, yaitu Rp 2.500 per kilogram.

Pj Bupati Harmin menambahkan, manfaat pakan ternak ini sangat besar, terutama untuk pertumbuhan ternak yang lebih cepat dan sehat.

"InsyaAllah, kerja sama terkait rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe akan segera kita laksanakan penandatanganan perjanjiannya," tegasnya.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengakui bahwa Konawe memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Di Kabupaten Bogor ini ada Institut Pertanian Bogor yang merupakan perguruan tinggi yang fokus dalam pemanfaatan lahan pertanian.

"Salah satunya, saya sudah meninjau proses pembuatan pakan ternak khususnya untuk sapi baik itu penggemukan maupun susu," ujar mantan Pj Wali Kota Kendari ini.

Baca Juga: Jalan Penghubung Konawe-Konawe Utara Kini Bisa Dilalui Usai Dibongkar Warga

Ia berpikir, Konawe layak dijadikan sebagai salah satu lokasi pembangunan pabrik pakan ternak, mengingat Konawe memiliki lahan yang sangat luas untuk dimanfaatkan sebagai peternakan, baik penggemukan maupun susu perah, yang bisa memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

Ia berharap kunjungan awal Pj Bupati Konawe ini bisa ditindaklanjuti, karena secara teknis melihat langsung proses pembuatan pakan ternak.

"Menurut hemat saya, kalau bahan bakunya sangat tersedia banyak di Konawe, yang kemudian disentuh dengan teknologi dari IPB, maka InsyaAllah kita bisa bangun di sana," tutupnya.

Diketahui, dalam pertemuan dengan Pj Bupati Bogor tersebut, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba didampingi Sekda Konawe Ferdinand Sapan. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga