adplus-dvertising

Pemda Konawe Sasar 58.357 Anak pada Imunisasi BIAN Tahun 2022

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 27 Mei 2022
557 dilihat
Pemda Konawe Sasar 58.357 Anak pada Imunisasi BIAN Tahun 2022
Sejumlah murid SDN 1 Unaaha yang memgikuti suntikan imunisasi dalam kegiatan BIAN tingkat Konawe 2022. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe telah menargetkan sebanyak 58.357 anak yang menjadi sasaran imunisasi, dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe telah menargetkan sebanyak 58.357 anak yang menjadi sasaran imunisasi, dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menuturkan, kegiatan BIAN merupakan kegiatan imunisasi tambahan campak rubella pada anak usia 9 bulan sampai 12 tahun.

Pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap pada usia nol sampai lima puluh sembilan bulan.


"Sasaran kita di Konawe sebanyak 58.357 anak, dengan target capaian sekitar 95 persen," jelas Kery, Jumat (27/5/2022).

Lebih lanjut kata Kery, ada pun jenis vaksin campak rubella yang akan diberikan kepada anak, terdiri dari vaksin Oral Polio Vaccine OPV dan Inactivated Polio Vaccine (IPV) , vaksin Penthavalent (DPT-HB- Hib).

"Dan semua jenis vaksin ini telah sah dan resmi dari WHO dan BPOM, sehingga masyarakat tak perlu ragu pada anaknya," imbuhnya.

Baca Juga: Bupati Konawe Harap Imunisasi Masyarakat Mampu Bangkit dari COVID-19

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konawe, Dr Mawar mengatakan, jika kegiatan BIAN ini berlangsung selama satu bulan dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

"Tiap-tiap puskesmas akan memberikan pelayanan imunisasi," ungkapnya.

Dokter Mawar juga menjelaskan, penurunan pencapaian imunisasi di Konawe tersebut memang tidak lepas dari wabah COVID-19 yang selama 2 tahun terakhir, memberikan rasa takut dan kawatir kepada Ibu untuk membawa anaknya ke puskesmas atau posyandu.

"Makanya dicanangkan secara nasional agar dapat meningkatkan persentase cakupan imunisasi kita," jelas dokter Mawar.

Tempat sama, Kepala Sekolah SDN 1 Unaaha, Rusman menjelaskan, sebanyak 296 siswanya yang akan terut serta untuk mendapatkan suntikan imunisasi tersebut. Serta berdasarkan persetujuan dari orang tua siswa.

Meskipun demikian, awalnya sebelum kegiatan tersebut, ada pihak orang tua mempertanyakan apakah kegiatan ini vaksinasi COVID-19 atau imunisasi biasa.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Wafat, Gubernur Khofifah Ajak Warga Jawa Timur Salat Ghaib

Namun setelah pihaknya mendapat penjelasan dari pihak puskesmas dan mensosialisasikan kepada orang tua siswa, sehingga mereka setuju.

"Kami akan turut serta mensukseskan BIAN ini, karena ini program nasional dan hari ini louncing di sini, semoga sekolah lain dapat melaksanakan juga," tuturnya. (A-Adv)

Penulis: Aris Syam

Ketgam: Kardin

Baca Juga