Pemda Konawe Siap Kawal Para Juara MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 09 Juni 2024
0 dilihat
Pemda Konawe Siap Kawal Para Juara MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi
Kabag Kesra Konawe bakal kawal para juara MTQ tingkat kabupaten hingga provinsi. Foto: Kolase

" Selain ajang lomba dan silaturahmi, kegiatan MTQ merupakan jalur syiar Islam dalam rangka untuk lebih memahami isi Al-Qur’an dan mengamalkannya "

KONAWE, TELISIK.ID - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu telah digelar dengan sukses oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Konawe bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Konawe.

Kabag Kesra Andi Darmawangsa, menerangkan bahwa para juara yang telah ditetapkan oleh para hakim penilai, berdasarkan keputusan secara obyektif, akan mewakili Kabupaten Konawe pada ajang MTQ tingkat provinsi.

"MTQ yang baru dilaksanakan adalah ajang seleksi untuk ke tingkat atas. Untuk tingkat kabupaten kita seleksi dari kecamatan, dan para juara akan mengikuti MTQ tingkat provinsi di Konawe Utara," jelas Andi Darmawangsa.

Selain ajang lomba dan silaturahmi, kata Andi Darmawangsa, kegiatan MTQ merupakan jalur syiar Islam dalam rangka untuk lebih memahami isi Al-Qur’an dan mengamalkannya.

Andi Darmawangsa menjelaskan, berdasarkan hasil kegiatan yang dilaksanakan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melaksanakan MTQ tingkat kabupaten ke depan.

Baca Juga: Ini Deretan 10 Besar Juara MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara XXIX

"Jadi ke depan kita harus seleksi lebih awal, dan untuk lebih menciptakan kader-kader terbaik sebaiknya dilakukan pembinaan setiap pondok-pondok yang ada di kecamatan," ungkapnya.

Diketahui, baru-baru ini MTQ dilaksanakan secara terbuka di pelataran Inolobunggadue Central Park (ICP). Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi di tengah masyarakat lanjut Andi Darmawangsa, tentang pendalaman isi Al-Qur’an bagi umat muslim.

Ke depan ungkap Andi Darmawangsa, guna memancing dan meningkatkan animo masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi, meramaikan setiap kegiatan yang dilaksanakan, maka bagi penonton akan selalu diadakan undian berhadiah atau door prize.

Baca Juga: Mahasiswi IAIN Kendari Borong Medali Emas di MTQ XXXVII Kabupaten Konawe Tahun 2024

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, bakal memberikan hadiah umrah bagi kontingen Kabupaten Konawe yang berhasil juara dalam MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kata Harmin Ramba, ia akan memberikan hadiah umrah kepada juara di 3 kategori yang dilombakan, yaitu hapalan, bacaan Qori dan Qoriah.

"Yang juara nanti di Konawe Utara saya kasi umrah, insyaAllah," kata Harmin Ramba. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga