Pemda Mubar Siapkan Rp 15,8 Miliar untuk Kesehatan Gratis

Laode Pialo, telisik indonesia
Rabu, 14 April 2021
0 dilihat
Pemda Mubar Siapkan Rp 15,8 Miliar untuk Kesehatan Gratis
Sejumlah warga menganti untuk pemeriksaan kesehatan. Foto: Repro ANTARA

" Pemda Mubar jalin kerjasama dengan BPJS dan itu dilakukan setiap tahun dengan anggaran yang terus meningkat. "

MUNA BARAT,TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) menggelontorkan dana Rp 15,8 Miliar untuk program kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, LM Ishar Masiala mengatakan, program kesehatan gratis tersebut melekat pada program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang ditalangi melalui APBD Mubar tahun 2020.

"Pemda Mubar jalin kerjasama dengan BPJS dan itu dilakukan setiap tahun dengan anggaran yang terus meningkat," katanya.

Ishar mengaku, tahun 2021 ini masyarakat yang terdaftar dalam Jamkesda sebanyak 25.719 jiwa.  Mereka adalah masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar dalam fasilitas kesehatan lainnya, seperti Kartu Indonesia sehat (Kis) atau Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Baca Juga: Awas, Travel Gelap yang Nekat Angkut Penumpang untuk Mudik Bakal Dipenjara

"Ada peningkatan, kalau tahun 2020 hanya 24.466 jiwa," ujarnya.

kata Ishar, Jamkesda ini menggunakan skema pembayaran secara tidak langsung bagi masyarakat miskin. Pemda Mubar jalin kesepakatan dengan BPJS.

Dana Jamkesda itu langsung dikirim ke rekening BPJS, sementara masyarakat penerima manfaat diberi kartu Jamkesda untuk mengakses fasilitas kesehatan jika mereka melakukan pengobatan.

"Semoga bantuan ini bisa di maksimalkan. Kalau ada masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar atau tidak memiliki kartu Jamkesda, silakan ke Puskesmas terdekat atau ke Dinas Kesehatan dengan membawa kartu keluarga," tutupnya. (B)

Reporter: Laode Pialo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga