Pemda Muna Barat Beri Bantuan Bibit Jagung Bisi 2 pada Kelompok Tani

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 23 Mei 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Beri Bantuan Bibit Jagung Bisi 2 pada Kelompok Tani
Penyerahan bibit jagung bisi 2 yang dilakukan oleh Pj Bupati Muna Barat, Bahri kepada kelompok tani baru mekar di Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Berbagai keluhan terkait bantuan dalam sektor pertanian, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat sigap turunkan bantuan bibit jagung bisi 2 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Berbagai keluhan terkait bantuan dalam sektor pertanian, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat sigap turunkan bantuan bibit jagung bisi 2.

Keluhan para kelompok tani baru mekar yang berasal dari Matandasa, Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi itu disampaikan pada beberapa bulan lalu saat kunjungan Pj bupati ke kebun cabai milik petani milenial, para kelompok tani tersebut mengeluh terkait bantuan bibit jagung.

Kelompok tani tersebut, meminta kepada pemerintah daerah untuk memberikan bantuan bibit jagung bisi 2, sebab bibit jagung yang didapatkan oleh para petani selama ini kualitasnya tidak sesuai dengan harapan para petani setempat.

Baca Juga: Caleg Perempuan Muna Barat Optimis Perjuangkan Kemajuan Daerah

Diketahui, bibit jagung bisi 2 itu sendiri merupakan jenis jagung berkualitas yang mampu menghasilkan dua tongkol dalam satu tanaman, sehingga hasil panen yang diperoleh pun lebih banyak.

Atas keluhan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri turun langsung menyerahkan bantuan bibit jagung bisi 2 untuk kelompok tani baru mekar di Desa Marobea.

Bahri katakan, Dinas Pertanian saat ini sudah tidak menyediakan lagi bibit jagung bisi 2, sebab sudah tidak ada lagi di katalog Kementerian Pertanian, sehingga saat ini sudah tidak ada lagi bibit jagung tersebut.

"Untuk itu pemda menganggarkan bantuan bibit jagung bisi 2 dalam APBD pada Belanja Tidak Terduga (BTT)," kata Bahri, Selasa (23/5/2023).

Tak hanya itu, pemda juga telah memberikan bantuan kepada petani milenial berupa sumur bor untuk penyiraman kebun cabai, sebab petani milenial keluhkan persoaln air bersih untuk penyiraman tanaman tersebut.

Dalam kesempatan itu juga, Bahri katakan, pemda juga akan memberikan bantuan bibit bawang merah bagi lima desa, di mana hitungan untuk satu hektare sebesar Rp 70 juta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Nestor Jono mengatakan, jumlah bibit jagung bisi dua yang diberikan kepada kelompok tani baru mekar tersebut sebanyak 750 kilogram untuk 50 hektare.

"Jadi total anggarannya untuk bibit bisi 2 yang diberikan kepada kelompok tani tersebut mencapai Rp 80 juta," ungkapnya.

Baca Juga: Sisa DAK Capai Rp 4 Miliar jadi Prioritas Perbaikan Jalan Konawe hingga Sidamangura Muna Barat

Selanjutnya Ketua Kelompok Tani Baru Mekar, La Ode Sudemu mengatakan, untuk jumlah keseluruhan anggota dalam kelompok tani yaitu kisaran 76 orang yang akan menerima bibit jagung bisi 2 tersebut.

"Nantinya diatur untuk porsi pembagiannya, sebab masing-masing mempunyai luas lahan yang berbeda-beda," ungkapnya.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi atas pemberian bantuan yang diberikan oleh pemda, pasalnya keluhan ini secara spontanitas dari kelompok tani baru mekar namun pemda dengan sigap menangani keluhan tersebut dengan jangka waktu yang tidak terlali lama yakni hanya tiga bulan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga