Pemda Muna Barat Datangkan Bawang Merah dari Enrekang

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Datangkan Bawang Merah dari Enrekang
Penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Muna Barat dan Pemerintah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, terkait suplai bawang merah. Foto: Ist.

" Untuk menekan laju inflasi, Pemerintah Muna Barat terus bekerja sama dengan berbagai daerah, termasuk Kabupaten Enrekang "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Untuk menekan laju inflasi, Pemerintah Muna Barat terus bekerjasama dengan berbagai daerah. Ini sebagai bentuk menindaklanjuti instruksi presiden dalam melakukan 6 langkah strategis.

Pemerintah Muna Barat sebelumnya telah menandatangani kerja sama dengan Kabupaten Konawe dalam menyuplai beras. Kemudian dalam menyuplai telur ayam kampung, Pemerintah Muna Barat juga bekerja sama dengan Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Kerja sama itu ditempuh pemerintah daerah agar tak kekurangan stok berbagai komoditas. Saat ini Pemerintah Muna Barat menyuplai bawang merah dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, sebagai daerah otonom yang baru mekar 8 tahun lalu, maka dalam memenuhi kebutuhan akan pangan masyarakat, butuh dukungan dan kerja sama dengan daerah lain yang memiliki ketercukupan suplai komoditas.

"Pemerintah daerah terus berinovasi dalam upaya meningkatkan komoditi unggulan," kata Bahri, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga: BPS Beber Komoditas Penyumbang Inflasi di Sulawesi Tenggara

Kabupaten Enrekang sebagai pemasok komoditi tanaman pangan hingga ke wilayah Sulawesi Tenggara khususnya Muna Barat, maka pihaknya meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Enrekang untuk menyuplai bawang merah, yang akhir-akhir ini sebagai salah satu penyumbang inflasi daerah.

"Ini yang menjadi dasar untuk melakukan kerja sama dengan Kabupaten Enrekang dalam mengendalikan laju inflasi daerah," pungkas Bahri.

Selanjutnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, La Ode Aka mengatakan, dalam kerja sama ini pemerintah daerah dalam per tahun meminta 10 persen hasil bawang merah Kabupaten Enrekang untuk disuplai ke Muna Barat.

Baca Juga: Muna Barat Suplai Beras dari Konawe untuk Tekan Inflasi

"Kebutuhan awal kita minta 6 ton bawang merah," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Enrekang, Muslimin Bando mengatakan, Muna Barat sebagai kabupaten saudara Enrekang, untuk itu apa yang menjadi kebutuhan daerah tersebut akan disuplai.

"Jadi apa yang menjadi perhatian dan kebutuhan daerah Muna Barat insyaAllah Enrekang siap menyuplai khususnya komoditas bawang merah dalam rangka pengendalian inflasi," ungkapnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga