Pemda Muna Barat Imbau Masyarakat Terhadap Bencana Alam

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 25 Juli 2024
0 dilihat
Pemda Muna Barat Imbau Masyarakat Terhadap Bencana Alam
Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo saat menyerahkan bantuan terhadap korban bencana alam. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Serahkan bantuan bagi korban bencana alam, Pemda Muna Barat berpesan agar masyarakat selalu waspada dan menghindari pemicu bencana alam "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Serahkan bantuan bagi korban bencana alam, Pemda Muna Barat berpesan agar masyarakat selalu waspada dan menghindari pemicu bencana alam.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, bantuan uang tunai ini diserahkan bagi tiga korban kebakaran rumah dan terdampak angin puting beliung.

“Tolong dana bantuan yang kami salurkan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk perbaikan rumah,” ujar La Ode Butolo, Kamis (25/7/2024).

Sementara itu, Kalak BPBD Muna Barat, Karimin mengatakan, keempat penerima manfaat ini setelah ditimpa bencana, rumahnya rata-rata rusak total.

Baca Juga: Tak Bertuan, Rumah Seorang Warga di Muna Barat Dilalap Si Jago Merah

Ia mengungkapkan, ketiga korban yang mengalami kebakaran diantaranya, Putu Astika asal Desa Suka Damai Kecamatan Tiworo Tengah, Jufry asal Desa Barakah kecamatan Tiworo Selatan, Nyoman Widana Desa Wapae Jaya Tiworo Tengah.

Kemudian atas nama La Mula yang merupakan korban angin puting beliung dari Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan.

“Jadi ada empat kepala keluarga yang terima bantuan," pungkasnya.

Untuk tiga korban kebakaran masing-masing menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 25 juta. Sedangkan yang terdampak angin puting beliung sebanyak Rp 20 juta, sehingga total keseluruhan berjumlah Rp 95 juta.

Selanjutnya, penerima bantuan kebakaran disesuaikan dengan standar Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Sementara untuk korban angin puting beliung yang tertimpa pohon dihitung berdasarkan jumlah standar yang disesuaikan dengan anggaran yang tersedia serta sumber anggarannya berasal dari APBD Bantuan Tak Terduga (BTT) yang melekat di Dinas Keuangan.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat bermanfaat dan bisa kembali membangun rumahnya yang layak untuk dihuni.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para Kepala Desa mengingatkan kepada warganya apabila ada pohon yang dekat dengan rumah segera ditebang demi menjaga keselamatan bersama dan keluarga, terlebih saat ini cuaca angin yang ekstrim dan tidak menentu.

Baca Juga: Terima SK Perpanjangan Jabatan, Pj Bupati Muna Barat Tegaskan Beberapa Hal ke Kepala Desa

Begitu juga keselamatan dalam mengantisipasi kebakaran, sebelum rumah ditinggalkan pastikan terlebih dahulu kompor dan peralatan listrik dalam kondisi aman.

Sementara itu, salah satu korban kebakaran, Nyoman Widana mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemda Muna Barat atas kepeduliannya terhadap korban bencana.

Ia mengaku, pasca kebakaran yang melandanya, selama ini ia bersama anak dan istrinya tinggal di sebuah gubuk kecil dan kebutuhan rumah tangga seadanya.

“Alhamdulillah, selain bantuan anggaran kami juga sudah mendapatkan bantuan peralatan dan sembako. Saya ucapkan kepada Pemda Muna Barat khususnya Pj bupati dan kepala BPBD,” tuturnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga