Pemda Muna Barat Kerja Sama Bulog Sigap Atasi Kenaikan Harga Beras

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 28 Agustus 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Kerja Sama Bulog Sigap Atasi Kenaikan Harga Beras
Pemda Muna Barat bekerja sama dengan Bulog Raha untuk menangani tingginya harga pangan khususnya beras. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Sigap mengendalikan harga pangan, pemerintah daerah Muna Barat bekerja sama dengan Bulog untuk memasok beras berkualitas dengan harga murah dan terjangkau "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sigap mengendalikan harga pangan, pemerintah daerah Muna Barat bekerja sama dengan Bulog untuk memasok beras berkualitas dengan harga murah dan terjangkau.

Ini sebagai inisiatif Pemda Muna Barat yang peduli terhadap masyarakat terkait menekan harga pangan, khususnya beras yang saat ini sebagai salah satu penyumbang inflasi daerah.

Sehingga pemerintah daerah kembali menyelenggarakan pasar murah dengan menyasar tiga wilayah besar yang ada di Muna Barat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, La Ode Aka mengatakan, kerja sama ini terus dilakukan untuk memasok kebutuhan pangan yang ada di Muna Barat serta menstabilkan harga, terlebih saat ini harga beras dari Juli hingga Agustus terus meningkat harganya yakni di pasar mencapai Rp 13.000 per kilogram.

"Kami Pemda siapkan beras per kilo dengan harga Rp 9.450, pasar murah ini dilaksanakan selama seminggu," ungkapnya, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Launching Tanam Bawang Merah, Pemda Muna Barat Tanggung Resiko Gagal Panen

Ia mengatakan, untuk tiap pasar akan dihadirkan 2 ton beras SPHP dari Perum Bulog, sehingga untuk tujuh hari berjumlah 14 ton beras yang akan disalurkan ke masyarakat.

Ia juga mengatakan, pasar murah ini tak hanya digelar di Kabupaten Muna Barat, namun diadakan secara serentak secara nasional sebagai bentuk menekan laju inflasi terhadap kenaikan harga beras.

Sementara itu, Kepala Cabang Bulog Raha, Raymond mengatakan, hal ini bentuk untuk sigap dalam menjaga harga di pasar dengan SPHP, tujuannya untuk menekan inflasi dan meredam gejolak harga beras yang saat ini mengalami kenaikan harga.

"Sehingga konsumen dapat membeli beras berkualitas dengan harga murah dan terjangkau sesuai HET," ungkap Raymond.

Raymond mengatakan, ini sebagai bukti nyata kepedulian dan keberpihakan Pemda dengan masyarakat dengan menyediakan beras melalui penugasan kepada Perum Bulog.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Sigap Beri Bantuan Para Petani

Perum Bulog bekerja sama dengan Pemda untuk dijual oleh pengecer di pasar kepada konsumen akhir sesuai dengan harga eceran tertinggi, serta pihaknya menyiapkan beras dan disalurkan oleh Pemda ke masyarakat.

Hal ini juga untuk mengantisipasi masyarakat datang berbondong-bondong untuk membeli beras sebab SPHP akan terus tersedia di pengecer pasar sepanjang 2023, serta program bantuan pangan tahap kedua akan segera disalurkan untuk 3 alokasi pada Oktober, November, Desember 2023.

Ketahanan stok juga dijamin cukup hingga akhir tahun, serta pihaknya optimis untuk melakukan penyerapan beras petani saat panen untuk penyediaan stok cadangan beras pemerintah. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga