Pemenuhan Gizi Pasien COVID-19, Ratusan Kilogram Ikan Dari Ambon Diterbangkan ke Jakarta

Marwan Azis, telisik indonesia
Minggu, 12 Juli 2020
0 dilihat
Pemenuhan Gizi Pasien COVID-19, Ratusan Kilogram Ikan Dari Ambon Diterbangkan ke Jakarta
Ratusan ikan kakap putih atau barramundi yang hari ini dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, esok hari akan diterbangkan ke Jakarta, untuk pemenuhan gizi pasien COVID-19. Foto: dok BNPB

" Selain meningkatkan imunitas, pencegahan penularan COVID-19 juga wajib diimbangi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dan menjaga jarak aman. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ratusan Ikan Kakap Putih atau Barramundi yang baru dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, bakal diterbangkan ke Jakarta untuk pemenuhan gizi pasien COVID-19.

Selain Kakap Putih, jenis ikan lainnya seperti Kerapu dan Kuwe juga ikut dipanen dalam waktu yang bersamaan.

Ikan-ikan yang dipanen dari Kerambah Waiheru dan Pantai Wainito itu kemudian akan diterbangkan ke Jakarta sebagai pemenuhan gizi bagi pasien COVID-19.

Selebihnya, ikan dengan ukuran tiga ekor dalam satu Kilogram itu juga akan dikirimkan ke Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat sebanyak 200 Kilogram. Khususnya untuk pemulihan bagi 1.262 peserta didik dan pelatih serta 17 orang yang dirawat lainnya akibat COVID-19.

Informasi tersebut diperoleh Telisik.id di Jakarta dari Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Sabtu (11/7/2020)

Baca juga: Idham Aziz Menuju Pensiun, PBB Sebut Komjen Pol Gatot Eddy Layak Jadi Kapolri

Menurut Raditya, pengiriman ke Jakarta akan dilakukan pada Minggu (12/7/2020) besok, pada pukul 09.00 WIT dengan dukungan Cargo pesawat Garuda Indonesia yang didistribusikan melalui PT Sumber Laut Utama di Tantui.

Kelompok budidaya Botol Bekas Ambon merupakan bagian dari program emas biru yang dipelopori oleh Letjen TNI Doni Monardo sewaktu masih menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura dengan pangkat Mayor Jenderal.

Kepala BNPB, Doni Monardo kini ditunjuk jadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan, salah satu cara untuk melawan COVID-19 yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat imunitas.

Adapun peningkatan imunitas tubuh dapat diperoleh dengan cara rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, sebagaimana yang terkandung dalam ragam jenis ikan laut.

“Selain meningkatkan imunitas, pencegahan penularan COVID-19 juga wajib diimbangi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dan menjaga jarak aman,” tandasnya.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga