Pemerintah Buka Layanan Bus Antar Negara di Nusa Tenggara Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
Pemerintah Buka Layanan Bus Antar Negara di Nusa Tenggara Timur
Layanan bus antar negara yang akan beroperasi dari Kupang menuju negara tetangga Dili Timor Leste. Foto: Ist.

" Pemerintah melalui Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan membuka layanan bus antar negara di Nusa Tenggara Timur (NTT) "

KUPANG, TELISIK.ID - Pemerintah melalui Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan membuka layanan bus antar negara di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Layanan bus itu merupakan angkutan lintas batas negara (ALBN) yang akan beroperasi dari Kota Kupang menuju Dili Timor Leste.

Menanggapi itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur,  Viktor Bungtilu Laiskodat menyambut gembira pembukaan layanan bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) rute Kota Kupang-Dili, Timor Leste itu.

Baca Juga: Pakaian Bekas Impor Masuk ke Nusa Tenggara Timur Akan Ditertibkan

"Saya sebagai gubernur, saya sangat gembira terhadap langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Timor Leste mewujudkan layanan bus antar negara ini," kata Laiskodat, Jumat (31/3/2023).

Layanan bus ALBN rute Kupang-Dili mulai beroperasi per 30 April menggunakan lima unit bus yang disediakan Perum Damri dan PT PT Bagong Dekaka Makmur. Sedangkan dari pihak Timor Leste dilayani dengan dua unit bus.

Kata Laiskodat, hadirnya layanan tersebut merupakan kesepakatan Pemerintah RI dengan Timor Leste yaitu bagian dari nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang “On Cross Border Movement of Commercials Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste”.

Laiskodat mengatakan, pembukaan layanan konektivitas darat antar negara itu merupakan sebuah momentum penting untuk masa depan pembangunan di Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Dugaan Penyelewengan Dana Desa di Nusa Tenggara Timur Nyaris Setengah Miliar Rupiah

Sementara itu Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yosef Nai Soi menambahkan, momentum itu sederhana tetapi merupakan pintu menuju kesuksesan. Setiap kesuksesan harus dimulai dengan langkah berani.

Ia menambahkan, terwujudnya layanan bus ALBN Kupang-Dili merupakan langkah berani dari Pemerintah Indonesia maupun Timor Leste untuk melakukan sesuai yang penting bagi masa depan kedua negara.

"Saya berharap kerja sama kedua negara selanjutnya terus dibangun dalam semangat kolaborasi yang tinggi untuk mencapai kesejahteraan bersama," kata Nai Soi. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga