adplus-dvertising

Pemerintah Diminta Matangkan Kebijakan Terkait Mudik Lebaran

Sugiharta Yunanto, telisik indonesia
Kamis, 08 April 2021
1476 dilihat
Pemerintah Diminta Matangkan Kebijakan Terkait Mudik Lebaran
Ilustrasi mudik lebaran. Foto: Repro Antara

" Pelarangan mudik bisa mencegah penyebaran COVID-19. Akan tetapi, juga mengurangi putaran perekonomian dari pusat ke daerah. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pemerintah konsisten menerapkan keputusan terkait dengan larangan mudik Lebaran 2021.

"Konsistensi penerapan kebijakan di lapangan suatu keharusan untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan. Larangan aktivitas mudik harus adil dan konsisten," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (8/4/2021).

Kebijakan larangan mudik diterapkan untuk pengendalian mobilitas warga dan mencegah munculnya cluster baru penyebaran COVID-19.


Menurut Puan, mengatasi penyebaran COVID-19 sekaligus menjaga geliat perekonomian merupakan sesuatu yang tidak mudah.

"Pelarangan mudik bisa mencegah penyebaran COVID-19. Akan tetapi, juga mengurangi putaran perekonomian dari pusat ke daerah," kata Puan.

Baca Juga: Razia Kemenkumham Sultra Temukan Berbagai Barang Terlarang

Puan menambahkan, masyarakat bingung, bertanya-tanya mengapa mudik dilarang tetapi tempat wisata diizinkan dibuka meski dengan pembatasan.

Olehnya itu, ia meminta pemerintah memanfaatkan waktu untuk mematangkan kebijakan mudik lebaran, ibadah bulan puasa, dan tempat wisata agar pencegahan penyebaran COVID-19 dan menjaga perekonomian dapat berjalan adil serta efektif.

"Tidak boleh ada lagi kebijakan yang membingungkan masyarakat. Siapkan mekanismenya dan sumber daya manusianya supaya penerapan dan pengawasan di lapangan konsisten," tandasnya. (C)

Reporter: Sugiharta Yunanto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga