Pemerintah Kucurkan BLT El Nino, Ini Cara Cek dan Linknya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 20 Desember 2023
0 dilihat
Pemerintah Kucurkan BLT El Nino, Ini Cara Cek dan Linknya
Bantuan langsung tunai (BLT) akan diberikan pemerintah kepada warga yang terdampak el nino sebesar Rp 400 ribu. Foto: Repro Pikiran-rakyat.com

" Pemerintah akan mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena el nino sebesar Rp 400 ribu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah akan mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena el nino. Pemberian BLT diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp 400 ribu.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan anggaran senilai Rp 7,52 triliun selama periode dua bulan sejak November lalu. BLT el nino bertujuan membantu keluarga tidak mampu di tengah kemarau panjang.

Program bantuan itu berlangsung selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima. Khusus penerima BLT, pemerintah menetapkan penerima BLT ialah 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yakni penerima sembako.

Sedangkan penerima bantuan beras ialah 21,3 juta KPM, yang terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau penerima bantuan sembako. Artinya, para penerima bantuan sembako memperoleh kedua bantuan, baik BLT maupun bantuan beras.

Baca Juga: BLT Rp 900 Ribu Cair Sebelum Lebaran, Ambil di Kantor Pos Terdekat Pakai Ini

Program BLT akan diberikan kepada masyarakat melalui Kementerian Sosial, sedangkan program bantuan beras akan diberikan oleh Badan Pangan Nasional seperti dilansir dari Indonesia.go.id.

Cek BLT El Nino di Situs Kemensos, dikutip dari Cnbcindonesia.com:

Baca Juga: Pemda Muna Barat Kembali Salurkan BLT APBD Bagi Masyarakat Kelurahan

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan

3. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP

4. Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

5. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon refresh untuk mendapatkan huruf kode baru

6. Klik tombol CARI DATA. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai wilayah yang diinput. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga