Pemerintah Pusat Kucurkan Anggaran Rp 44,8 Miliar Benahi Jalan Kabupaten Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juli 2023
0 dilihat
Pemerintah Pusat Kucurkan Anggaran Rp 44,8 Miliar Benahi Jalan Kabupaten Kolaka Utara
Kondisi ruas jalan provinsi yang menghubungkan Desa Leleulu dan Desa Loka, Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara yang rusak parah. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, tahun ini patut bersyukur. Pasalnya, proposal yang diajukan pemda bersama DPRD, terkait percepatan pembangunan infrastruktur jalan pada tahun 2022 akhirnya terealisasi "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, tahun ini patut bersyukur. Pasalnya, proposal yang diajukan pemda bersama DPRD, terkait percepatan pembangunan infrastruktur jalan pada tahun 2022 akhirnya terealisasi.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Pusat melalui Instruksi Presiden (Inpres) Joko Widodo mengucurkan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 44,8 miliar untuk pembenahan ruas jalan Lelewawo-Porehu dan Saludongka-Lawata.

Menurut Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari Djumas, sebelumnya pemda bersama DPRD Kolaka Utara pada tahun 2022 telah mengusulkan proposal.

"Iya, tahun ini dapat dana Inpres untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan, khususnya pada daerah yang terpencil di Kecamatan Porehu," terangnya, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga: DPRD Kolaka Utara Temui Ridwan Bae Bahas Kelanjutan Pembangunan Bandara

Lebih lanjut, Sekertaris DPC Partai Demokrat ini menuturkan, jika ruas jalan yang dibenahi hanya jalan kabupaten mulai dari Desa Lelewawo-Tinuna-Porehu-Sarambu. Bukan jalan provinsi yang memanjang mulai dari Batu Putih-Tobela-Porehu.

"Kita berharap semoga ada juga bantuan yang dikucurkan untuk pembenahan jalan provinsi jalur Batu Putih-Tobela-Porehu," ujarnya.

Senada, Anggota DPRD Kolaka Utara yang juga warga Kecamatan Porehu, Basman mengatakan, Instruksi Presiden untuk pembenahan jalan di Kolaka Utara hanya sebatas jalan kabupaten. Jalan provinsi tidak termasuk.

"Jalan yang kemarin rusak berat dan viral di media sosial, tepatnya di Kecamatan Porehu tidak masuk dalam Inpres. Itu jalan provinsi dan belum tersentuh," urainya.

Meski demikian, Bakal calon anggota DPRD Sulawesi Tenggara itu menyampaikan, dirinya bersama anggota DPRD provinsi tengah berupaya agar jalur tersebut tahun ini dapat tersentuh.

Baca Juga: 17.120 Pelanggan di Kolaka Utara Terdampak Listrik Padam

"Memang kami bersama ibu Farhana Mallawangan tengah berupaya mengurus anggaran APBN untuk pembenahan jalan provinsi yang rusak parah itu dengan berkomunikasi Ridwan Bae. Hanya belum ada info dari beliau," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolaka Utara, Mukramin membenarkan, adanya kucuran dana puluhan miliar rupiah dari Pemerintah Pusat untuk pembenahan ruas jalan di beberapa titik di Kolaka Utara.

"Iya benar. Kami dapat dana Inpres untuk ruas Jalan Lelewawo-Porehu sepanjang 11 kilometer dengan total anggaran Rp 24,5 miliar dan ruas Jalan Saludongka-Lawata panjang 5,8 kilometer, anggarannya Rp 20,3 miliar," jelasnya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga