Pemilihan Wabup Koltim Dipastikan Bisa Tahun Ini

Kardin, telisik indonesia
Sabtu, 16 Oktober 2021
0 dilihat
Pemilihan Wabup Koltim Dipastikan Bisa Tahun Ini
Anggota Komisi I DPRD Sultra saat berkonsultasi ke Kemendagri terkait pemilihan Wabup Koltim. Foto: Ist.

" Semua itu tergantung komitmen dan kesungguhan dari DPRD Koltim dan koalisi partai politik pengusung Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengisian jabatan Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Timur (Koltim) sisa antar waktu masa jabatan tahun 2021-2024 bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Semua itu tergantung komitmen dan kesungguhan dari DPRD Koltim dan koalisi partai politik pengusung Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Sultra, Gunaryo. Politisi PDIP itu menyampaikan, dirinya bersama pimpinan dan anggota Komisi I telah berkonsultasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Dengan agenda tunggal pengisian atau pemilihan Wabup Koltim pengganti antar waktu yang diterima langsung oleh Kasubdit Wilayah Sultra Kemendagri RI, Saydiman Marto.

"Yang hadir Komisi I ada Bustam, Nurlin Surunuddin, Nur Sinapoy, Ali Mardan. Ada juga Ketua Fraksi PAN, PDIP, Demokrat dan Gerindra, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi," jelas Gunaryo, Jumat (15/10/2021).

Ia juga menjelaskan, dari hasil konsultasi mereka dengan Kemendagri, disimpulkan bahwa pengisian jabatan Wabup Koltim bisa segera dilaksanakan. Dengan catatan pihak DPRD setempat segera membentuk Pansus/Panlih.

"Yang lalu bisa segera meminta nama-nama calon wakil bupati melalui Bupati Andi Merya atau bila sudah ada Penjabat (PJ) Bupati. Bupati atau Pj Bupati tidak bisa menahan-nahan surat tersebut, bila terjadi maka pihak Kemendagri bisa mengambil alih," terangnya.

Baca juga: Dukung Percepat Target Herd Imunity, Partai Gerindra Siapkan 3000 Vaksin

Baca juga: Siska Karina Imran Bersanding dengan ASR dalam Baliho

Selanjutnya Gunaryo menyatakan bila koalisi empat Parpol pengusung sudah menerima surat dimaksud agar segera menyampaikan dua nama calon wakil bupati untuk dipilih oleh seluruh anggota DPRD Kolaka Timur.

"Jadi calonnya tidak bisa kurang atau lebih dari dua orang," urai Gunaryo.

Gunaryo juga memastikan jika PDIP sudah punya calon yang akan diusung. Tinggal kembali kepada tiga partai lainnya yaitu Demokrat, PAN dan Gerindra.

"Tapi saya yakin mereka juga sudah siapkan," tambahnya.

Gunaryo juga  mengimbau kepada seluruh masyarakat Kolaka Timur untuk tetap tenang dan menjaga kondusifitas daerah. Ia pun meminta penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan tetap berlangsung sebagaimana biasanya.

"Tenang saja, Pemerintahan Presiden Jokowi, Gubernur Ali Mazi dan Wagub Lukman, serta Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dan segenap stakeholder yang terlibat punya komitmen yang sama untuk menyegerakan pemilihan ini, supaya Koltim bisa kembali punya Wabup definitif," pungkasnya. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga