adplus-dvertising

Pemilu 2024, PPP Ungkap Ada 3 Sosok yang Bakal Didukung Jokowi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
497 dilihat
Pemilu 2024, PPP Ungkap Ada 3 Sosok yang Bakal Didukung Jokowi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Repro google.com

" Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengungkap tiga sosok yang didukung Presiden Jokowi saat ini di awal masa tahapan Pemilu 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tahapan Pemilu 2024 kini telah dimulai. Berbagai tokoh nasional pun mulai menunjukkan keinginannya untuk masuk dalam pencalonan.

Sejumlah partai politik dan tokoh juga mulai memperlihatkan figur yang akan didukung untuk bertarung di Pemilu 2024 mendatang, khususnya pemilihan presiden, tak terkecuali Presiden Joko Widodo.

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengungkap tiga sosok yang didukung Presiden Jokowi saat ini di awal masa tahapan Pemilu 2024.


Menurut Arsul, seperti dikutip dari cnnindonesia.com, tiga sosok tersebut masing-masing adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, hingga Menparekraf Sandiaga Uno.

"Bukan hanya Pak Prabowo saja kalau kita lihat, ada juga sosok-sosok yang lain, seperti katakanlah Pak Ganjar, itu kami baca sebagai sebuah endorsement juga. Di luar itu sebetulnya kita lihat ya sosok yang lain Pak Sandi," kata Arsul kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (4/8/2022).

Wakil Ketua MPR itu menilai, dukungan kepada beberapa sosok tersebut ditunjukkan Jokowi dalam beberapa momentum. Misalnya, Prabowo yang terlihat di beberapa momen bersama Jokowi.

Baca Juga: Peluang Prabowo Subianto di Sulawesi Tenggara Usai 3 Kali Kalah di Pilpres

Kemudian, Sandiaga Uno juga diberi mandat untuk menyambut Perdana Menteri Australia awal Juni lalu. Arsul menilai beberapa momen tersebut bukan tidak disengaja, dan bisa dilihat sebagai tanda-tanda dukungan Jokowi kepada mereka.

"Nah, itu sebetulnya tanda-tanda zaman lah. Kalau buat saya itu beliau memberikan endorsement," ucap Arsul.

Lebih lanjut, anggota Komisi III DPR itu menganggap dukungan Jokowi kepada beberapa nama tersebut merupakan hal wajar.

Sementara, pihaknya belum memutuskan untuk mencari dukungan langsung dari Jokowi. Sebab menurut Arsul, pihaknya belum mengumumkan sosok yang diusung partainya bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Siapa pun kalau nanti sudah terkerucutkan misalnya KIB itu ke siapa, pasti juga paling tidak secara informal akan dikomunikasikan ke Pak Jokowi itu dari realitas politik tidak bisa terhindarkan," katanya.

Untuk diketahui, dikutip dari tempo.co, berikut tahapan Pemilu 2024:

1. Pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu pada 29 Juli hingga 13 Desember 2022.

2. Penetapan peserta pemilu pada 14 Desember 2022.

Baca Juga: AJB-Agung Darma Pimpin Demokrat Muna-Muna Barat, Target AHY Presiden

3. Pencalonan anggota DPD pada 6 Desember 2022 hingga 25 November 2023.

4. Pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota pada 24 April 2023-25 November 2023.

5. Pencalonan presiden dan wakil presiden pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

6. Kampanye selama 75 hari mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

7.Pemungutan suara Pemilu 2024 diselenggarakan pada 14 Februari 2024. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga