Pemkab Bombana Bantu Kurangi Beban Ekonomi Masyarakat Jelang Nataru

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Jumat, 08 Desember 2023
0 dilihat
Pemkab Bombana Bantu Kurangi Beban Ekonomi Masyarakat Jelang Nataru
Penerintah bersama masyarakat Bombana dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah Murah. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Untuk membantu masyarakat mengurangi beban ekonomi yang meningkat di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok, Pemerintah Kabupaten Bombana menggelar Gerakan Pangan Murah "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk membantu masyarakat mengurangi beban ekonomi yang meningkat di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok, Pemerintah Kabupaten Bombana menggelar Gerakan Pangan Murah.

Gerakan ini merupakan bagian dari gerakan nasional pengendalian inflasi dengan tema Sinergi untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2024.

Dengan Gerakan Pangan Murah ini, masyarakat diharapkan dapat memperoleh kebutuhan pangan dengan harga terjangkau, sehingga dapat meringankan beban ekonomi mereka.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari, mulai Jumat (8/12/2023) hari ini hingga 12 Desember mendatang. Pemerintah Kabupaten Bombana telah menetapkan empat lokasi strategis sebagai sasaran utama kegiatan ini, yaitu Kecamatan Rumbia, Rumbia Tengah, Lantari Jaya, dan Rarowatu.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan melibatkan berbagai pihak, termasuk petani, pedagang, dan masyarakat umum.

Baca Juga: DPRD Bombana Rapat Paripurna Penetapan APBD 2024

Hari ini, peluncuran Gerakan Pangan Murah digelar di Kecamatan Rumbia, dihadiri oleh pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, serta para pelaku usaha di sektor pertanian dan perdagangan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bombana menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan. Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung Gerakan Pangan Murah ini dengan membeli dan mengonsumsi produk pangan lokal.

Selama pelaksanaan Gerakan Pangan Murah, pemerintah akan menyalurkan bantuan pangan dengan harga yang lebih terjangkau kepada masyarakat.

"Ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk menjamin kebutuhan masyarakat terpenuhi menjelang momen Natal dan tahun baru," ungkap Mahyudin, Kadis Ketahanan Pangan Bombana, Jumat (8/12/2023).

Bantuan ini akan mencakup berbagai jenis bahan pangan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan telur. Selain itu, juga akan disediakan kios-kios murah yang menjual produk pangan lokal dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Pengembangan Rumput Laut di Bombana Dioptimalkan

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2024.

"Beberapa hal yang sedang diupayakan oleh pemerintah adalah memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanam cabai, melaksanakan pasar murah, dan memperluas kerja sama antar daerah," ucap Sulkarnaeni, Plh Sekda mewakili Pemerintah Bombana.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, petani, pedagang, dan masyarakat dalam menciptakan stabilitas harga dan ketersediaan pangan yang berkelanjutan. Dengan kerja sama yang baik, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari Gerakan Pangan Murah ini dan dapat menjalani perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga