Pemkab Buton Selatan Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat Desa

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Pemkab Buton Selatan Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat Desa
La Ode Budiman Pj Bupati Buton Selatan berserta jajarannya pada sosialisasi peningkatan lembaga masyarakat desa se-Kecamatan Batu Atas. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Peduli dengan kelembagaan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat desa se-Kecamatan Batu Atas, Kamis (11/4/2024) "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Peduli dengan kelembagaan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat desa se-Kecamatan Batu Atas, Kamis (11/4/2024).

Sosialisasi tersebut sebagai tindak lanjut dari perubahan UU Desa Nomor 6 Tahun 2024 tentang Perpanjangan Masa Kerja Kepala Desa, yang mana masih ada sebagian regulasi yang menunggu untuk pembuatan surat keputusan, yang juga masih menunggu surat edaran dari pusat.

Untuk itu, Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman menyatakan, saat ini yang tengah dipersiapkan yakni memastikan sejauh mana kesiapan untuk perpanjangan masa kerja para kepala desa yang sudah hampir memasuki masa berakhirnya jabatan mereka.

Perihal percepatan pembangunan di Pulau Batu Atas, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan berharap baik kepada pemerintah desa maupun kecamatan agar lebih kooperatif untuk memantau sejauh mana aspirasi masyarakat didengarkan untuk ditindaklanjuti.

Karena hal-hal seperti itu dapat membantu baik pemerintah desa, kecamatan, maupun pemerintah kabupaten dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi usulan program prioritas. Sehingga dapat diusulkan pada musrenbang di tingkat kabupaten untuk menjadi program pembangunan yang  berkelanjutan di Pulau Batu Atas.

Baca Juga: Kurang Representatif, Pj Bupati Buton Selatan Janji Kembangkan Fasilitas dan Kapasitas TPI Sampolawa

Budiman mengatakan, penting dan harus peningkatan kapasitas masyarakat sebab yang menjadi tokoh penggerak ialah masyarakat itu sendiri. Dimana juga berperan sebagai mediator dan fasilitator baik untuk pemerintah desa maupun kecamatan dalam mencapai kesepakatan agar terciptanya kesinambungan satu sama lain.

Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat khususnya kepada kepala desa. Tujuannya agar lebih mengetahui dan menguasai tugas dan fungsi dari lembaga kemasyarakatan.

Baca Juga: Kunker ke Kabupaten Buton, Pj Bupati Buton Selatan Jalin Sinergitas Antar Forkopimda

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan sangat berharap dengan adanya peningkatan pada lembaga masyarakat tersebut, baik di tingkat desa maupun kecamatan, dapat membantu meningkatkan kinerja dan fungsi-fungsi pemerintah di tingkat kabupaten.

Dengan adanya peningkatan kapasitas pada lembaga tersebut diharapkan pemerintah desa dan kecamatan bisa menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten dalam mengatasi hal-hal yang kontroversial di masyarakat.

“Pelaksanaan sosialisasi akan dilakukan di tingkat desa, kemudian di tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten,” kata Pj Bupati La Ode Budiman saat diwawancarai. (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga