Pemkab Buton Selatan Libatkan Ribuan Peserta Pada Pawai Ta'aruf MTQ ke-V

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Rabu, 24 April 2024
0 dilihat
Pemkab Buton Selatan Libatkan Ribuan Peserta Pada Pawai Ta'aruf MTQ ke-V
Khafilah Kecamatan Siompu pada Pawai Ta'aruf MTQ Ke-V Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sebanyak 1.324 peserta turut meriahkan Pawai Ta'aruf Musabaqoh Tilawah Qur'an (MTQ) ke-V Buton Selatan, pada Selasa (23/4/2024) "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Sebanyak 1.324 peserta turut meriahkan Pawai Ta'aruf Musabaqoh Tilawah Qur'an (MTQ) ke-V Buton Selatan, pada Selasa (23/4/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Selatan, La Hardin menyatakan, rangkaian kegiatan MTQ kelima Buton Selatan juga merupakan seleksi Muhasabaqoh Tilawah Qur'an pada tingkat Kabupaten Buton Selatan.

Pemenang dari pawainya ini akan menjadi utusan perwakilan dari Kabupaten Buton Selatan pada MTQ tingkat Provinsi se-Sulawesi Tenggara yang bertempat di Konawe Utara, yang dilaksanakan pada Mei mendatang.

Pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Buton Selatan dibuka perlombaan hafalan surah Al-Qur'an, Qori-qoriah dan yang paling terpenting tiap-tiap Kecamatan turut andil di dalamnya.

"Yang menjadi juara itulah yang akan kami kirim ke Konawe Utara untuk mengikuti MTQ se-Sulawesi Tenggara," Imbuhnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Kendari Semarakkan Maulid Nabi dengan Pawai Bendera Tauhid

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton Selatan, H. Mukhtar menuturkan, pelaksanaan Musabaqoh Tilawah Qur'an (MTQ) Tahun 2024 dimulai dari tanggal 23 April sampai dengan 25 April 2024 yang diawal dengan pawai ta'aruf.

Dari keseluruhan peserta berjumlah 1.324 orang (peserta), kemudian dari 24 cabang seluruhnya diikuti oleh Qori-qoriah, Hafidza dan Hafidz yang mana pada pelaksanaan pawai ta'aruf tahun 2024 mengusung tema 'Dengan Al-Qur'an kita dapat meningkatkan pemahaman pendalaman agar berakhlak makhtul Karimah untuk masyarakat Buton Selatan.

Kemudian juga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan membangun ukhuwah Islamiah yang mana pentingnya Al-Qur'an ini agar bisa dirasakan oleh sejumlah masyarakat.

Baca Juga: Gelar Pawai Budaya, Kadis PMD Ingin Desa di Muna Contoh Labunti

Ia turut menyampaikan harapannya bahwa dengan MTQ ini agar terus berkembang dan bukan hanya sekedar seremonial, namun ada muatan penting yakni bagaimana membaca Al-Qur'an, kemapuan menghafal, hingga menterjemahkan dan mengkaji serta mensyiarkan Al-Qur'an agar dapat membumi di Buton Selatan.

"Dari keseluruhan peserta berjumlah 1.324 orang," ungkapnya pada Telisik.id, Selasa (23/4/2024).

Diketahui, pada pelaksanaan Pawai Ta'aruf MTQ Ke-V Buton Selatan diikuti oleh Khafilah dari masing-masing kecamatan, serta turut dimeriahkan juga oleh Kemenag Buton Selatan. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga