Pemkab Buton Siap Meriahkan Pembukaan Porprov ke-14 di Pasarwajo

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 18 September 2022
0 dilihat
Pemkab Buton Siap Meriahkan Pembukaan Porprov ke-14 di Pasarwajo
Pj. Bupati Buton Drs. Basiran M.Si mengajak seluruh pihak untuk mensukseskan Porprov ke-14. Foto: Dok. Pemkab Buton

" Pemkab Buton akan menyambut seluruh peserta dan undangan dari berbagai kabupaten/kota dengan menata Ibu Kota Buton, Pasarwajo agar tetap terjaga keindahan, kebersihan dan kenyamanannya "

BUTON, TELISIK.ID – Setelah ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah bersama Kota Baubau, Pemerintah Kabupaten Buton menyiapkan berbagai sarana dan pra sarana untuk mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara tahun 2022.

Ajang olahraga terbesar di Bumi Anoa ini diketahui akan berlangsung di Kabupaten Buton dan Kota Baubau, mulai 26 November hingga 3 Desember 2022.

Untuk pembukaannya, bakal dilaksanakan di ibu kota Buton, Pasarwajo pada 26 November mendatang. Sementara penutupan Porprov ke-14 ini akan berlangsung di Kota Baubau.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Buton Drs. Basiran M.Si. Menurutnya, dengan ditetapkannya sebagai tuan rumah seklaigus tempat pembukaan, pihaknya terus melakukan persiapan untuk mensukseskan kegiatan ini, baik sukses penyelenggaraan maupun prestasi.

Basiran mengatakan, pihak pemkab sudah melakukan pembentukan panitia lokal untuk mensukseskan Porprov ini mulai saat pembukaan hingga pelaksanaan pertandingan dari semua cabang olahraga yang dilaksakana di Buton.

Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si (jaket merah) melakukan peninjauan ke lokasi venue olahraga dalam rangka persiapan Porprov 2022. Foto: Dok. Pemkab Buton

 

Ia pun juga mengaku sudah meminta masing-masing kepala OPD untuk bertanggung jawab dengan tugasnya, baik sebagai panitia maupun LO kontingen kabupaten/kota peserta porprov tahun ini, sehingga porprov dapat terselenggara dengan sukses dan memberi kesan baik bagi daerah-daerah lain.

Baca Juga: PT Antam Bantu Korban Puting Beliung di Desa Puubunga Kolaka

“Kita harus menyambut seluruh peserta dan undangan dari berbagai kabupaten/kota dengan menata Ibu Kota Buton, Pasarwajo agar tetap terjaga keindahan, kebersihan dan kenyamanan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Selain itu, Basiran juga mengimbau para pelaku UMKM agar memberikan kesan yang baik kepada para tamu porprov. Mengingat perhelatan olahraga terbesar di Sulawesi Tenggara ini dapat menjadi pintu rezeki.

Pasalnya, kata dia, dapat diprediksi tamu porprov yang bakal datang ke Buton dan Baubau mencapai ribuan orang dari seluruh kabupaten/kota di Sultra, mulai dari atlet, official hingga masyarakat yang ingin menyaksikan penyelenggaraan porprov tahun ini.

Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si (jaket merah) melakukan peninjauan ke lokasi venue olahraga dalam rangka persiapan Porprov 2022. Foto: Dok. Pemkab Buton

 

Sehingga kelompok UMKM, pengrajin, dan pelaku usaha pariwisata sudah bisa menyiapkan diri dengan membuat usaha rumah makan karena jangan sampai tamu-tamu kita dari kabupaten/kota kesulitan mencari makan.

“Nah momen ini bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai peluang usaha yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah, Pemkab Buton tidak hanya fokus sukses penyelenggaraan saja, namun juga menyiapkan atlet terbaik untuk bertanding di porprov yang akan berlangsung di Kabupaten Buton dan kota Baubau.

Untuk persiapan atlet, official, hingga pelatih, Pemkab Buton menyerahkan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buton untuk melakukan penyaringan.

“Untuk para atlet ini kami sementara siapkan untuk masing-masing cabang olahraga. Itu sudah kita serahkan pada KONI,” ujarnya.

Baca Juga: Kajari Muna-Bulog Bagi Beras, FKKBK Turun Tangan di Aksi World Cleanup Day

Hanya saja, kata dia, atlet yang disiapkan tersebut hanya untuk cabang olahraga atau cabor yang berpotensi mendapat medali. Di mana diketahui, perhelatan Porprov tahun ini bakal ada 35 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, Zainuddin Napa mengungkapkan bahwa pihaknya sudah membentuk panitia daerah untuk mensukseskan Porprov 2022.

“Kami telah membentuk kepanitiaan lokal untuk mempersiapkan penyambutan peserta dari 17 kabupaten/kota yang akan dipimpin oleh kepala daerahnya masing-masing,” katanya. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga