Pemkab Dukung Alfamidi Beroperasi di Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 27 Juni 2020
0 dilihat
Pemkab Dukung Alfamidi Beroperasi di Bombana
Amri, Kepada Bagian perizinan Cabang Kendari, Cabang Makassar dan Cabang Ambon PT Midi Utama Indonesia Tbk, Atau Alfamidi saat menyampaikan materi dalam sosialisasi bersama masyarakat Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Berdasarkan rencana operasi, kami sudah dapatkan laporan bahwa Alfamidi bakal beroperasi juga di Lantari. Jadi dengan program-program pemberdayaan ekonomi rakyat ini tidak ada alasan lagi kita menolak. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana kini memberikan dukungan penuh kepada retailer Alfamidi beroperasi dengan membuka gerai di tujuh titik, meski sebelumnya mendapatkan penolakan dari berbagai kalangan pedagang.

Melalui, Dinas Perindag dan UMKM, Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Rizal menuturkan bahwa, Alfamidi  hadir dengan niat meningkatkan ekonomi daerah, sehingga perlu didukung apalagi dengan adanya komitmen pemberdayaan pemuda dalam membuka lapangan kerja.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dwi Asmoro, Camat Lantari Jaya. Kata dia, sebagai pemerintah kecamatan komitmen investor seperti ini perlu dikawal.

"Berdasarkan rencana operasi, kami sudah dapatkan laporan bahwa Alfamidi bakal beroperasi juga di Lantari. Jadi dengan program-program pemberdayaan ekonomi rakyat ini tidak ada alasan lagi kita menolak," ucap Dwi Asmoro kepada Telisik.id usai mengikuti Sosialisasi rencana masuknya Alfamidi di Bombana, Sabtu (27/6/2020).

Sosialisasi rencana pembukaan Alfamidi di Wonua Bombana, turut dihadiri oleh sejumlah pedagang yang sebelumnya menolak kehadiran retailer, sejumlah tokoh masyatakat, tokoh pemuda, LSM, serta pihak pemintah daerah yakni Pajawa Tarika selaku Kepala Dinas PTSP dan Dinas Perindag setempat.

Baca juga: Alfa Midi Optimis Berdayakan Pedagang Kecil di Bombana

Sosialisasi itupun berakhir dengan penandatangan surat pernyataan yang memuat program pemberdayaan ekonomi, serta penyediaan lapangan kerja oleh Alfamidi kepada generasi muda setelah resmi beroparasi.

Hasil kesepakatan yang dikuatkan dengan materai 6000 ini, meliputi pemberdayaan 50 sampai 70 toko atau pedagang-pedagang kecil, mempekerjakan generasi muda Bombana berusia 18-24 tahun, dan membuka lapak atau meja khusus untuk tempat penjualan hasil kreasi warga khas Bombana.

Di tempat yang sama, Amri Kepala Bagian Perizinan Cabang Kendari, Cabang Makassar dan Cabang Ambon PT Midi Utama Indonesia Tbk, Atau Alfamidi menyatakan siap ditolak mundur bila dikemudian hari tidak menerapkan sebagaimana hasil kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam sosialisasi kali ini.

"Silahkan kawal, tentunya kami akan berupaya sebagaimana tuntutan ini. Kalau dikemudian hari kami tidak berlakukan maka, silahkan usir dan tutup aktifitas Alfamidi di Bombana ini," tandas Amri.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Sumarlin

Baca Juga