Pemkab Gelar Mosehe di HUT ke-63 Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
Pemkab Gelar Mosehe di HUT ke-63 Konawe
Pemkab Konawe menggelar mosehe di pelataran kantor bupati dalam rangkaian HUT ke-63 Konawe. Foto: Ist.

" Tradisi suku Tolaki, mosehe menghiasi rangkaian HUT ke-63 Konawe yang digelar usai melakukan ziarah atau mobubusi makam Raja Lakidende "

KONAWE, TELISIK.ID - Tradisi suku Tolaki, mosehe menghiasi rangkaian HUT ke-63 Konawe yang digelar usai melakukan ziarah atau mobubusi makam Raja Lakidende.

Ketua DPD Lembaga Adat Tolaki (LAT) Konawe, Abdul Ginal Sambari mengatakan, mosehe merupakan tradisi suku Tolaki yang berbentuk ritual dengan bertujuan meminta kepada sang pencipta agar mensucikan tempat atau suatu wilayah.

"Untuk suku Tolaki mosehe ini sangat tinggi nilainya,” ucap Abdul Ginal, Jumat (23/2/2023).

Baca Juga: Jadwal dan Syarat Lelang Jabatan 16 Kepala OPD Muna Mulai Disusun

Abdul Ginal yang juga anggota DPRD Konawe mengungkap, jika dalam pelaksanaan pemerintahan terjadi kesalahpahaman, baik antar kelompok maupun pribadi, melalui mosehe bersama-sama meminta kepada sang pencipta agar semua disucikan.

Pihaknya berharap, adat mosehe terus dilakukan oleh masyarakat Konawe karena menurutnya kegiatan tersebut tidak melanggar syariat keagamaan, karena inti dari meminta pada sang pencipta agar dijauhkan dari segala marabahaya.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, pelaksanaan mosehe tersebut agar Konawe diharapkan terhindar dari segala bentuk pertikaian dan perpecahan serta banyaknya investasi yang masuk.

“Mari kita sama-sama berdoa agar Allah SWT memunculkan lagi kekayaan alam kita,” katanya.

Baca Juga: 400 Hektare Lahan Kakao di Kolaka Timur Jadi Target Peremajaan

Kery juga berharap tidak ada lagi anak-anak di Konawe yang putus sekolah, serta orang tua selalu memperhatikan sekolah anaknya sehingga SDA dapat dikelola dengan baik.

Ia juga meminta kepada guru di Kabupaten Konawe agar lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan sehingga SDM Konawe mampu bersaing dengan masyarakat luar Konawe.

Setelah pelaksanaan adat mosehe, pemkab membagikan beras dan daging sapi pada masyarakat Konawe serta memberikan santunan kepada siswa/siswi pondok pesatren Hidayatullah. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga