Pemkab Kolaka Timur Serahkan Bantuan Rumah Ibadah di Pura Adat Amerta Sari

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Pemkab Kolaka Timur Serahkan Bantuan Rumah Ibadah di Pura Adat Amerta Sari
Penyerahan bantuan rumah ibadah pura di desa Adat Amerta Sari Desa Mekar Jaya Kecamatan Dangia. Foto: Ist.

" Pemkab Kolaka Timur menyalurkan bantuan untuk rumah ibadah di Pura Desa Adat Amerta Sari sebesar Rp100.000.000 untuk pembenahan di pura "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemkab Kolaka Timur menyalurkan bantuan untuk rumah ibadah di Pura Desa Adat Amerta Sari sebesar Rp100.000.000 untuk pembenahan di pura.

Penyerahan bantuan itu dilakukan saat pelaksanaan piodalan di pura tersebut, untuk diketahui, piodalan sendiri dapat diartikan sebagai perayaan hari jadi tempat suci. Upacara piodalan merupakan kewajiban karma desa dalam rangka membayar hutang kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya yang disthanakan di pura kayangan desa.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, dalam penyelenggaraan kegiatan itu termasuk dengan bapak/ibu yang melaksanakan ibadah bersama dalam rangka ulang tahun Pura Adat Amerta Sari di Desa Mekar Jaya semoga bisa menjadi kebaikan untuk bersama.

Baca Juga: Ridwan Bae Lobi Pembenahan DAS Jompi Melalui APBN

Kemudian Azis juga mohon kepada seluruh masyarakat adat ini, nantinya pada saat beribadah untuk mendoakan daerah, termasuk masyarakat petani.

"Kalau kita jaga dan rawat kemajemukan ini, Insya Allah pasti daerah kita ini menjadi yang harmonis buat semua dan kita semua akan nyaman serta hasil pertaniannya pasti akan melimpah," ujarnya.

Azis mengatakan, apa yang menjadi harapan bisa terwujud secara cepat sehingga masyarakat bisa merasakan pada saat beribadah secara aman, nyaman dan tidak terganggu dengan sesuatu yang mungkin menghambat kekhusyukan untuk beribadah.

Sementara itu salah satu tokoh adat Nengah Astrodi mengatakan, bantuan itu akan digunakan untuk pembenahan tempat ibadah atau pura.

Ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kolaka Timur yang telah memberikan bantuan kepada desa adat.

Baca Juga: Pembangunan Wantilan Desa Adat Eka Buana Kolaka Timur Dimulai

Sementara itu Kepala Bagian (Kabag)  Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kolaka Timur, Ayi Wahyudin mengatakan, sebelumnya pemda telah memberikan bantuan di beberapa rumah ibadah yang ada di Kolaka Timur.

"Sebelumnya kami memberikan bantuan di masjid, dan sekarang kami memberikan bantuan untuk pembenahan pura," ujarnya.

Ia juga mengatakan pemda akan terus mensupport kegiatan dan pembangunan keagamaan yang ada di Kabupaten Kolaka Timur. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga