Pemkab Kolaka Utara Bagikan Daging Kurban Pakai Besek dan Daun Pisang

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 30 Juni 2023
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Bagikan Daging Kurban Pakai Besek dan Daun Pisang
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi menyerahkan daging kurban ke salah seorang warga menggunakan besek. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Peduli kebersihan lingkungan, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, membagikan daging kurban menggunakan wadah besek dan daun pisang "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Peduli kebersihan lingkungan, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, membagikan daging kurban menggunakan wadah besek dan daun pisang.

Selain dua wadah itu, warga setempat yang hendak menukar kupon dengan sekilo daging kurban, mesti membawa wadah sendiri berupa baskom atau sejenisnya.

Selain mempedomani Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bermomor: SE.6/MENLHK/ PSLB3/PLB.3/6/2023 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik dan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Persampahan.

Baca Juga: 615 Sapi dan 17 Kambing Kurban Disembelih di Kolaka Utara

Hal itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik sekali pakai yang dapat memicu tumpukan sampah dan pencemaran lingkungan.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kolaka Utara, Parinringi menuturkan, pihaknya jauh-jauh hari telah mengeluarkan surat himbauan kepada panitia kurban agar pendistribusian daging kurban menggunakan wadah yang dapat dikomposkan atau bisa digunakan kembali.

"Panitia dapat menggunakan daun pisang, daun jati, wadah ayaman bambu (besek), baskom atau wadah lain. Wadah ini dapat dipakai ulang dan dikompos beda dengan sampah plastik yang sulit terurai," terangnya, Kamis (29/6/2023).

Kadis DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini berharap, langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dapat memotivasi masyarakat agar lebih peduli pada lingkungan, ikut berperan menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

"Kesadaran masyarakat ini penting demi menjaga kelestarian lingkungan. Idul Adha berjalan lancar, tanpa meninggalkan dampak negatif pada lingkungan akibat lonjakan sampah plastik," tukasnya.

Pj Bupati Kolaka Utara, menyempatkan diri menyaksikan penyembelihan hewan kurban di kompleks bundaran sua windu.

Pada momen itu, Parinringi turut serta membagikan daging kurban kepada masyarakat menggunakan besek, daun pisang, dan wadah baskom yang dibawa oleh penerima daging kurban.

Baca Juga: Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPD PDIP Sulawesi Tenggara Salurkan 13 Ekor Sapi ke Ponpes di Kolaka Utara

Diketahui, momen idul Adha 1444 Hijiriah tahun 2023 kali ini sebanyak 615 sapi dan 17 kambing kurban di sembelih di Kabupaten Kolaka Utara.

Menurut Kabag Kesra, Ahmad Sanusi, data jumlah hewan kurban yang masuk ke instansinya bersumber dari desa yang diambil oleh pihak kecamatan.

"Keseluruhan hewan kurban di 15 kecamatan sebanyak 521 sapi dan 15 kambing. Ditambahkan hewan kurban dari OPD, Gubernur Sulawesi Tenggara, Penjabat Bupati Kolaka Utara, dan instansi lainnya sebanyak 93 sapi 2 kambing. Total semuanya, sejumlah 615 sapi dan 17 kambing," rincinya. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

TAG:
Baca Juga