Pemkab Kolaka Utara Deklarasi Open Defecation Free untuk Kabupaten Sehat 2025

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 29 September 2024
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Deklarasi Open Defecation Free untuk Kabupaten Sehat 2025
Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin (tengah), berkomitmen wujudkan Kolaka Utara menjadi Kabupaten Sehat pada 2025. Foto : Diskominfo Kolaka Utara

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara menyambut program Kabupaten Sehat tahun 2025 dengan mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. Deklarasi ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Lasusua, Jumat (27/9/2024) lalu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara menyambut program Kabupaten Sehat tahun 2025 dengan mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. Deklarasi ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Lasusua, Jumat (27/9/2024) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Utara, Irham, mengatakan bahwa pencapaian ODF merupakan salah satu syarat penting dalam mengikuti penilaian program Kabupaten Sehat.

Ia berkomitmen untuk melibatkan 16 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan laboratorium kesehatan di wilayah Kolaka Utara untuk menyukseskan program ini.

“Saat ini, Kabupaten Kolaka Utara masih berada pada kategori Padapa. Harapannya, pada tahun 2025, Kolaka Utara dapat mencapai kategori Wiwerda,” ujar Irham.

Baca Juga: Tarik Minat Wisatawan, Pj Bupati Kolaka Utara Bakal Revitalisasi Objek Wisata Kampung Kuliner

Saat ini terdapat 13 dokter ahli yang sedang melanjutkan pendidikan untuk memperkuat sektor kesehatan di masa mendatang di Kabupaten Kolaka Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Usnia, menegaskan bahwa program ODF bertujuan untuk mencapai zero persen perilaku buang air besar sembarangan serta meningkatkan sanitasi lingkungan di Kolaka Utara.

“Kolaka Utara adalah daerah ketujuh di Sulawesi Tenggara yang mendeklarasikan ODF, setelah Kendari, Buton, Bau-Bau, dan Kolaka,” ungkap Usnia.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara Kembalikan Biaya Tes Kesehatan Calon Anggota KPPS

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Yusmin, mengimbau seluruh desa dan kelurahan untuk berkomitmen mewujudkan bebas ODF serta menggalakkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat.

“Deklarasi ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mewujudkan Kolaka Utara sebagai Kabupaten Sehat pada tahun 2025, dengan partisipasi aktif seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, Yusmin juga memberikan penghargaan kepada kecamatan dan desa yang telah berhasil mencapai piagam bebas ODF, disertai insentif sebesar Rp 1 juta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa, Direktur BPD Kolaka Utara, serta kepala puskesmas dan programer kesehatan lingkungan. (A-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga