Pemkab Kolaka Utara Diganjar Lagi Penghargaan dari Kemenko PMK

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Diganjar Lagi Penghargaan dari Kemenko PMK
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi saat menerima piala penghargaan UHC Award 2023 dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Foto: Ist.

" Setelah meraih penghargaan piala Adipura kategori kota kecil untuk ke-6 kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara kembali diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Setelah meraih penghargaan piala Adipura kategori kota kecil untuk ke-6 kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara kembali diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan, Selasa, (14/3/2023) kemarin.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, komitmen pemkab terkait jaminan kesehatan masyarakat telah dituangkan dalam program unggulan yakni layanan kesehatan gratis 24 jam melalui public safety center (PSC) 119.

Baca Juga: Status Kepemilikan Aset Daerah di Tanjung Tobaku Kolaka Utara Bakal Ditelusuri

Layanan itu mencakup gratis jemput-antar pasien dari rumah ke Puskesmas atau Rumah Sakit, antar jenazah dari RSUD ke rumah duka, mengantar jenazah dari rumah duka ke tempat pemakaman, serta pengambilan tindakan di lapangan dalam keadaan darurat.

"Masyarakat kian mudah mendapatkan layanan kesehatan. Tidak bayar dan ambulansnya siap 24 jam," katanya, Selasa (14/3/2023).

Kata Parinringi, Pemda Kolaka Utara terus berkomitmen dalam menjalankan intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Ia juga mengharapkan sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan.

"Kita berharap masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Irham mengungkapkan, reward UHC yang diraih pada prinsipnya merupakan hasil dari upaya dan kerja keras seluruh stakeholder dalam mewujudkan pelayanan kesehatan prima.

Baca Juga: 85 Persen Kebutuhan Beras Kolaka Utara Dipasok dari Luar

"Atas reward tersebut kami ucapkan terimakasih kepada Bapak bupati serta pihak-pihak terkait yang senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Diketahui, Kabupaten Kolaka Utara meraih UHC dengan mengoleksi nilai 95 persen. Selain Kolaka Utara, terdapat 333 kabupaten dan 22 provinsi lainnya juga mendapatkan apresiasi serupa.

Penyerahan penghargaan tersebut juga disaksikan Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional. (B-Info)

Penulis: Muh.Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga