Pemkab Kolaka Utara Raih Penghargaan Opini WTP 10 Kali Berturut-turut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 28 Mei 2024
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Raih Penghargaan Opini WTP 10 Kali Berturut-turut
Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding saat menerima penghargaan Opini WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara, Dadek Nandemar. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara kembali meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara kembali meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Penghargaan Opini WTP ini telah diraih Pemda Kolaka Utara sebanyak 10 kali secara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Opini tersebut diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, dari Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara, Dadek Nandemar, di Aula Kantor BPK di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (28/5/2024).

Turut hadir Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, Asisten III Sekretaris Daerah, Bakri, Kepala Inspektorat Daerah, Hj. A. Syamsuriani, serta Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan, Nita Kusuma.

Baca Juga: Sapi Kurban di Kolaka Utara Dapat Ribuan Dosis Vaksin Gratis

Pencapaian ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHPBPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2023.

Menurut Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Tenggara, Dadek Nandemar, sebanyak sembilan kabupaten yang hari ini menerima Opini WTP yakni Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe, Kolaka, Muna Barat, Buton Utara, Muna, Buton, dan Kabupaten Kolaka Utara yang pencapaian tindak lanjut dengan nilai presentasi 86,51 persen.

Sementara itu, Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding menuturkan, prestasi yang dicapai ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen semua pihak lingkup pemerintahan Kolaka Utara.

Karena itu, Pj Bupati berjanji akan terus berupaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

Baca Juga: Siswa SD di Kolaka Utara Ditemukan Tewas Gantung Diri

"Saya berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh jajaran pemerintah daerah untuk terus bekerja dengan integritas dan dedikasi tinggi," harapnya.

Ia juga berharap, penghargaan ini dapat memantik kinerja jajaran pemerintahan daerah serta mampu meningkatkan standar pengelolaan keuangan yang telah dicapai,  sehingga kedepannya penghargaan serupa dapat dipertahankan.

"Kedepannya, kita akan fokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik serta pengelolaan anggaran yang lebih efisien dan efektif," tutupnya.

Diketahui, Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang berdasarkan pada kesesuaian dengan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga