Pemkab Konawe Bakal Permudah Akses Solar Subsidi untuk Petani

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 26 Oktober 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Bakal Permudah Akses Solar Subsidi untuk Petani
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa akan mempermudah akses solar subsidi untuk mendukung para petani di Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam mensejahterakan petani masih terus dilakukan, yakni dengan memudahkan para petani dalam mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) berupa solar "

KONAWE, TEKISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam mensejahterakan petani masih terus dilakukan, yakni dengan memudahkan para petani dalam mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) berupa solar.

Dalam meningkatkan produk pertanian, para petani tidak lepas dari peralatan mesin yang menggunakan BBM dalam mengolah lahan pertanian mereka baik itu mesin traktor, mesin pemotong padi atau pun jonder.

Saat ini, petani di Konawe sangat kesulitan mendapatkan BBM terutama solar karena hampir setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak memperbolehkan pengisian BBM menggunakan jerigen.

Baca Juga: Banyak Mafia Tanah, Plt Bupati Kolaka Timur Gelar Pertemuan

Dengan demikian, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa akan membahas kepada seluruh Forkopimda, DPRD kabupaten, serta Sekda untuk mencari solusi agar petani mendapat suplai solar yang cukup dengan harga terjangkau.

“Petani susah dapatkan solar, kami akan membahas hal ini kepada Forkopimda,” ujarnya.

Dirinya berkata akan berkoordinasi dengan pihak SPBU agar mempermudah petani dalam mendapatkan solar.

Baca Juga: Biaya Pembenahan Abrasi Pantai Pakue Kolaka Utara Capai Rp 3,5 Miliar

“Nanti saya dengan Sekda akan bahas ini untuk mencari bagaimana solusinya, karena petani kita juga sangat butuh solar,” paparnya.

Sementara keterangan dari salah satu petani mengeluhkan, terkait harga BBM yang naik dan susah didapatkan di sebagian SPBU di Konawe ini juga mempengaruhi penghasilan petani, di mana harga jual yang masih biasa-biasa saja sementara haga BBM naik.

"Ongkos kita beli solar sama bensin saja untuk panen berapa memang mi, baru harga jual juga bukannya naik malah begitu-begitu saja tdk ada kenaikan," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Baca Juga