Pemkab Konawe Dukung Infrastruktur Rumah Ibadah

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 20 Juli 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Dukung Infrastruktur Rumah Ibadah
Kabag Kesra Konawe Marjuni menyebut jika bantuan dana hibah untuk pembangunan rumah ibadah sala satu visi misi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Foto: ist

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus berupaya memberikan perhatian dan dukungan terhadap aktivitas keagamaan di wilayah yang dikenal lumbung padi itu "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus berupaya memberikan perhatian dan dukungan terhadap aktivitas keagamaan di wilayah yang dikenal lumbung padi itu.

Sala satu bentuk dukungan pemkab, pemberian dana hibah untuk pembangunan rumah ibadah yang diberikan kepada setiap lembaga atau organisasi massa (ormas) keagamaan dan tanpa terkecuali, baik untuk masjid, gereja, maupun pura di Konawe.

Pada tahun ini, pemkab kembali menyalurkan dana hibah tersebut kepada delapan ormas keagamaan dan pembangunan 47 rumah ibadah, dengan besaran dana yang dikeluarkan sebanyak Rp 3.105 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Konawe, Marjuni Ma'mir menjelaskan, jika bantuan tersebut tidak lain merupakan bagian dari visi misi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa lewat program fasilitasi pengelolaan bina mental spiritual.

"Pemberian duit hibah itu tiap tahun dianggarkan oleh Pemkab Konawe lewat pos bantuan di BPKAD setempat, namun dua tahun terakhir ini, anggarannya dialihkan ke bagian kesra. Jadi, di sini kita mulai jalan sejak 2021 untuk fasilitasi hibah rumah ibadah, ormas keagamaan, dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya," Jelas Marjuni, Rabu (20/7/2022).

Lebih Marjuni, pemberian bantuan tersebut salah satu program dalam memfasilitasi bina mental spiritual di Konawe menyasar tiga kelompok agama di otorita setempat yakni Islam, Kristen, dan Hindu.

Baca Juga: Dituding Arogan, Kades Lalonggasumeeto Beberkan Alasan Berhentikan 10 Perangkat Desa

"Di bulan April 2022, kita sudah salurkan hibah kepada 8 ormas keagamaan sekira Rp 830 juta. Secara keseluruhan, totalnya mencapai Rp 3,105 miliar. Yang sisanya ini, masih dalam tahap proses dan kita akan salurkan tahun ini juga," Imbuhnya.

Marjuni menambahkan, pihaknya terus mengupayakan agar bantuan hibah pembangunan rumah ibadah tersebut tak hanya menyasar wilayah perkotaan. Melainkan pula, menjangkau rumah ibadah hingga ke pelosok Konawe. Bantuan hibah itupun sudah sampai ke Kecamatan Latoma, Kapoiala, dan sebagainya.

Baca Juga: Memprihatinkan, 7 Bulan Warga Jember Alami Krisis Air Bersih

"Kita harapkan dengan fasilitasi ini, bisa semakin meningkatkan kualitas mental spiritual warga Konawe. Terutama, untuk mewujudkan kenyamanan dalam beribadah serta menggairahkan kegiatan-kegiatan keagamaan di Konawe," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Baca Juga