Pemkab Konawe Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Pemkab Konawe Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten
Pemkab Konawe lakukan lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe menggelar lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe menggelar lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten.

Lomba desa dan kelurahan itu dalam rangka evaluasi tata kelola pemerintah yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial desa/kelurahan. Kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap tahun dan semua wilayah di Indonesia lakukan lomba tersebut.

Kepala dinas (Kadis) Pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) Kabupaten Konawe, Keni Yugapermana mengatakan, lomba itu diikuti 28 kecamatan lingkup Konawe. Setiap kecamatan diwakili satu desa atau kelurahan.

Baca Juga: Pemkab Konawe Rotasi Jabatan Administrator Eselon III

“Penilaian desa dan kelurahan ini berbeda, hanya setiap Kecamatan mengirimkan satu perwakilan, entah itu desa atau kelurahan,” ungkapnya, Selasa (16/5/2023).

Keni yang juga ketua penilai lomba desa dan kelurahan mengungkapkan, berdasarkan data yang masuk ke PMD Konawe ada empat kecamatan yang diwakili kelurahan. Sedangkan sisanya 24 kecamatan diwakili desa.

Lanjutnya, hingga saat ini sudah 14 peserta lomba yang dinilai. Nantinya pemenang lomba akan mewakili Kabupaten Konawe di tingkat Sulawesi Tenggara.

“Penilaian ini masih sekitar delapan hari lagi,” Kata Keni, saat menilai di Kelurahan Inolobunggadue, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe.

Keni Yugapermana mengharapkan desa dan kelurahan yang mengikuti lomba ini agar jangan menjadikan beban, namun dijadikan tanggung jawab tugas.

“Hal-hal yang dipersiapkan dalam menghadapi lomba desa dan kelurahan agar dipertahankan. Mulai dari partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan pelayanan pemerintah dan termasuk administrasi pemerintah desa atau kelurahan,” tandasnya.

Baca Juga: Sosok 2 Pemeran Video Porno 43 Detik Ternyata Asal Konawe Utara, Tersebar Diduga karena Istri

Sementara itu, Kepala Desa Sanuanggamo, Eko Wahyudi mengatakan, dalam beberapa waktu tahun terakhir peningkatan pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat terus dilakukan.

"Kami membentuk kembaya kemasyarakatan sebagai mitra kerja yang bertujuan untuk menampung aspirasi serta kebutuhan masyarakat," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga