Pemkab Konawe Gelar Upacara Perayaan HUT ke-64

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 03 Maret 2024
0 dilihat
Pemkab Konawe Gelar Upacara Perayaan HUT ke-64
Foto bersama usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-64 Kabupaten Konawe. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Upacara perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-64 berlangsung meriah di pelataran Kantor Bupati, Minggu (3/3/2024) "

KONAWE, TELISIK.ID - Upacara perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-64 berlangsung meriah di pelataran Kantor Bupati, Minggu (3/3/2024).

Pj Bupati Konawe, Dr Harmin Ramba membeberkan alasan dirinya memilih tagline Membangun Konawe menjadi Kota Padi dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-64 Tahun Konawe.

Harmin Ramba mengatakan, masyarakat Konawe 80 persen mata pencaharian dari sektor pertanian dalam arti luas, serta potensi lahan di sektor pertanian dan perkebunan juga mencapai 70 persen lahan adalah sektor pertanian.

Sehingga lanjut dia, saat ditetapkan sebagai Pj Bupati Konawe, dirinya berfikir bagaimana membangun sektor pertanian di Kabupaten Konawe.

"Kita tidak berfikir bahwa tambang adalah sektor yang akan menghidupi kita, tapi saya lebih mengandalkan pembangunan di Konawe ini pada sektor pertanian," lanjutnya.

Baca Juga: Tari Kolosal Warnai Puncak Perayaan HUT Konawe ke-64

Namun demikian, Harmin menjelaskan, sektor pertambangan juga tidak ditinggalkan sehingga dalam programnya membagi tiga wilayah pertumbuhan untuk mempermudah dalam perencanaan pembangunan.

Pusat pertumbuhan pertama terletak di pusat Kota Unaaha dengan sektor andalan pertanian dan perkebunan dalam arti luas, termasuk perikanan.

Penyerahan reward kepada petani teladan dengan memberikan 1 buah hand traktor. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Pusat pertumbuhan kedua ditempatkan di wilayah Konawe Timur Laut dan berpusat di Kecamatan Morosi.

Ketiga, pusat pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Routa dengan sektor andalan pabrik baterai.

"Ketiga cluster pembangunan ini kita integrasikan tentunya Konawe akan lebih maju ke depan dengan mengandalkan tiga sektor ini," jelas Harmin Ramba.

Penyerahan penghargaan kepada pegawai teladan lingkup Pemda Konawe oleh Pj Bupati. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Konawe Ferdinand Sapan, mengatakan setelah pelaksanaan upacara HUT Konawe ke-64 ini, masih ada rangkaian acara yang akan berlangsung.

"Masih ada rangkaian acara yang menarik lagi, sebentar kita saksikan bersama," ujarnya.

Penyerahan hibah organisasi keagamaan kepada Prisade Hindu Dharma Kelurahan Mekar Sari Kabupaten Konawe. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia berharap agar pelaksanaan kegiatan HUT ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Konawe.

Kegiatan ini turut dihadiri Raja atau Mokole Konawe XXXIV Lukman Abunawas dan masyarakat Adat Tolaki Mekongga, Danlanud, Staf Ahli Gubernur La Ode Fasikin, serta serta perwakilan OPD Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: HUT ke-64 Kabupaten Konawe, Pj Bupati Harmin Ramba Ziarah Makam Raja Lakidende

Turut hadir Forkopimda, Kapolres Konawe, Kepala Pengadilan Negeri Konawe, Kajari, Ketua DPRD Konawe, Sekda, serta para OPD lingkup Kabupaten Konawe.

Dalam kegiatan upacara juga dirangkaikan pembacaan sejarah terbentuknya Kabupaten Konawe yang dihadiri ratusan masyarakat, pelajar, dan guru se-Kabupaten Konawe.

Selain itu, dilakukan penyerahan penghargaan kepada BPS, serta bantuan kepada rumah ibadah, reward petani dan PPL teladan, pegawai teladan, serta hibah organisasi keagamaan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga