Pemkab Konawe-Kominfo RI Tandatangani MOU Bentuk SDM Unggul

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 31 Januari 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe-Kominfo RI  Tandatangani MOU Bentuk SDM Unggul
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Kepala Balitbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti, Sekda Konawe, Ferdinan Sapan dan Kepala Dinas Kominfo, Muh. Akib Ras dalam kegiatan pendatanganan MOU di Kantor Bupati Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Kemenkominfo sebagai leading sector di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mempunyai program pengembangan SDM unggulan yaitu Digital Talent Scholarship "

KONAWE,TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam hal ini melakukan penanandatangan MoU terkait kesepakatan sinergi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kominfo di halaman Kantor Bupati Konawe, Senin (31/1/2022).

Kepala Balai Besar Litbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti mengatakan, Kemenkominfo sebagai leading sector di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mempunyai program pengembangan SDM unggulan yaitu Digital Talent Scholarship (DTS).

"DTS ini berupa program pelatihan digital yang terdiri dari angkatan kerja muda, wirausaha, PNS, dan lainya," kata Agung saat dikonfirmasi Telisik.Id.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menandatangani MoU terkait kesepakatan sinergi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kominfo. Foto:   Aris Syam/Telisik

 

Lebih lanjut kata Agung, program dari Kementerian Kominfo ini sudah dimulai sejak tahun 2018, yang mana pada pelatihan itu diikuti sebanyak 10 ribu orang, dan mengalami peningkatan tahun 2019 menjadi 20 ribu orang dan di tahun 2022 menjadi 200 ribu orang.

"Dan mungkin tahun 2024 bisa mencapai 500 ribu orang," ungkapnya.

Kepala Balai Besar Litbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti menandatangani MoU. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Semua ini dipersiapkan untuk era revolusi 4.0 karena kita tahu di Indonesia punya potensi digital cukup tinggi terlebih lagi sumber daya manusia (SDM) kita tinggi.

"Untuk itu kita mempersiapkan agar bisa bersaing dengan daerah lain dalam digital SDM," tambahnya.

Adapun tema pada pelatihan tersebut, lanjut Agung, sangat variatif. Mulai dari cyber security (keamanan ciber), artificial intelligence (kecerdasan buatan), internet of things (internet untuk segalanya), reengineering proses bisnis (peningkatan kinerja bisnis) dan kota cerdas.

"Kami datangkan para pelatihan khsusus di bidangnya masing-masing," jelasnya.

Foto bersama Bupati Konawe dan jajaran Pemkab Konawe bersama Kepala Balai Besar Litbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Adapun syarat pendaftaran yang akan dimulai bulan depan ini, lanjut Agung,  jika dia seorang wirausaha berarti dia sudah punya usaha atau ingin memperbesar usaha, dan kalau angkatan kerja muda dia lulusan SMK atau perguruan tinggi, kalau profesional harus sudah bekerja. Dan cara mendaftarnya bisa diakses di https://digitalent.kominfo.go.id.

Baca Juga: Wakil Bupati Angkat Bicara Soal Dugaan Pungli di Satpol PP Butur

"Jadi pendaftarannya berbasis web dan gratis," tandasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa sangat mendukung program dari Kementerian Kominfo guna peningkatan pemahaman digital, serta menjangkau segala kalangan di Konawe, mulai dari masyarakat umum sampai pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usaha.

"Jadi sekarang itu zamannya berbasis digital. Kalau kita tidak kuasai digital akan susah kita maju," ucap mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Ia pun berharap dengan adanya kerjasama ini, masyarakat Konawe dapat terbantu dalam hal bekerja maupun masyarakat yang  menjalankan usahanya.

Baca Juga: Konsel Pantau Dua Pasien Terduga COVID-19 Varian Omicron

" Saya kira ini kesempatan bagus, mumpung gratis, mari kita sukseskan," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Kepala Dinas Kominfo Konawe Muh. Akib Ras dan sejumlah Kepala OPD Konawe. (B-Adv)

Reporter: Aris Ayam

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga