Pemkab Konawe Terus Lakukan Pencegahan PMK pada Hewan Ternak

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Pemkab Konawe Terus Lakukan Pencegahan PMK pada Hewan Ternak
Pemkab Konawe terus melakukan upaya pencegahan PMK terhadap hewan ternak sapi dan kambing. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Konawe, terus melakukan upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi dan kambing "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemda Konawe, terus melakukan upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi dan kambing.

Berbagai upaya yang telah dilakukan diantaranya pemberian vitamin kepada hewan ternak, vaksinasi, serta penyemprotan kandang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe, Jumrin mengatakan, sampai saat ini belum ada sama sekali ditemukan indikasi PMK pada hewan ternak.

Lanjut Jumrin, walau sama sekali belum ditemukan kasus PMK, namun pihaknya terus melakukan upaya pencegahan.

Baca Juga: Waspada, Kolaka Timur Zona Merah PMK Ternak

"Di Kabupaten Konawe, sampai sekarang kami masih melakukan vaksinasi," ungkapnya.

Ia juga menuturkan, selain melakukan pencegahan penyakit, pihaknya juga melakukan sosialisasi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang peternakan.

Karena lanjut Jumrin, hal tersebut dapat memberikan wawasan luas terhadap peternak, sehingga hasil peternakan di Konawe dapat mempertahankan kualitas hewan ternak mereka.

"Kami juga melakukan peningkatan sumber daya manusia, agar para peternak memiliki wawasan yang lebih luas terkait pencegahan penyakit," bebernya.

Masih kata Jumrin, pihaknya juga saat ini sedang melakukan pengembangan sarana dan prasarana dalam hal itu pembudidayaan pakan ternak.

Menurut Jumrin, kesehatan hewan juga tergantung pakan apa yang diberi, sehingga dengan membudidayakan, kualitas pakan dapat terjaga.

"Kami terus berupaya memberi motivasi kepada peternak agar lebih semangat dalam beternak dan membudidayakan pakan ternak, karena kesehatan hewan juga tergantung pakan apa yang diberi," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan semua peternak sapi agar selalu berkembang dan dapat menopang pendapatan daerah di kabupaten Konawe.

Baca Juga: Stok Vaksin PMK Beberapa Daerah di Jawa Timur Menipis

"Saat ini kita akan terus genjot para peternak untuk dapat menambah dan terus mengembangkan peternakan sapi," tambahnya.

KSK menambahkan pengembangan peternak sapi di Konawe saat ini dilakukan dengan kawin suntik dan kawin alam,

"Sementara untuk program Kabupaten Konawe saat ini menggunakan metode kawin suntik dengan memilih bibit sapi yang unggul dan bagus," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga