adplus-dvertising

Pemkab Wakatobi Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Nusantara

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
984 dilihat
Pemkab Wakatobi Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Nusantara
Bupati Wakatobi menyerahkan dokumen hasil identifikasi lokasi untuk pengembangan pariwisata Wakatobi, bahan penyelesaian penerbitan Perpres. Foto: Ist.

" Momentum peringatan Hari Nusantara memiliki nilai penting bagi Kabupaten Wakatobi dalam mendiplomasikan dan menegaskan posisi strategis Wakatobi dalam konstelasi pembangunan nasional "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Untuk mewujudkan Wakatobi Sentosa, Pemerintah Kabupaten Wakatobi gencar melakukan finalisasi Perpres Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Beneficial Ownership (BO) serta mempersiapkan Peringatan Hari Nusantara di mana Wakatobi menjadi tuan rumah.

Bupati Wakatobi, Haliana mengungkapkan, Perpres KSPN (BO) Wakatobi tengah dipersiapkan. Hal ini ditandai dengan penyerahan surat dan dokumen hasil identifikasi lokasi untuk pengembangan pariwisata Wakatobi sebagai bahan  penyelesaian penerbitan Perpres.  

Dokumen diserahkan langsung pada saat audiensi di Jakarta beberapa waktu lalu, dan diterima oleh Deputi Koordinasi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves RI, Odo RM Manuhutu.


“Kesiapan lokasi ini dapat terselesaikan berkat dukungan dan kerja sama dari semua pihak di Wakatobi terutama tokoh adat, tokoh masyarakat, pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan serta instansi terkait di semua pulau,” ungkap Haliana, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Menteri Perdagangan Kunjungi Bombana Resmikan Dermaga Bongkar Muat Gula Pasir

Pada kesempatan itu, Haliana juga berupaya menginisiasi kembali kesiapan Wakatobi sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara Tahun 2022 yang sempat tertunda akibat pandemi.

Baca Juga: Kapolda Sumut Tegaskan Jangan Ada Penyimpangan Harga Minyak Goreng Curah

“Sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, maka Wakatobi diminta konfirmasi ulang kesiapan menjadi tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2022 yang sedianya telah resmi menjadi tuan rumah tahun 2021 lalu namun batal dilaksanakan karena kondisi pandemi,” jelaasnya.

Momentum peringatan Hari Nusantara ini, kata Haliana, memiliki nilai penting bagi Kabupaten Wakatobi dalam mendiplomasikan dan menegaskan posisi strategis Wakatobi dalam konstelasi pembangunan nasional.

“Semoga ikhtiar dari pemerintah kabupaten dan segenap masyarakat Wakatobi ini senantiasa dilancarkan dan diridhai oleh Allah SWT  untuk mencapai Wakatobi Sentosa guna mewujudkan cita-cita besar bangsa kita menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” harapnya. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga