Pemkot Baubau Jamin Ketersediaan Sembako Jelang Ramadan hingga Idul Fitri

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Senin, 29 Maret 2021
0 dilihat
Pemkot Baubau Jamin Ketersediaan Sembako Jelang Ramadan hingga Idul Fitri
Sejumlah sembako di pasaran. Foto: Ridwan/Telisik

" Sampai saat ini harga masih stabil. Tidak ada kenaikan sama sekali. Antisipasi (ketersediaan sembako) jelang puasa bahkan pasca lebaran cukup banyak dan melimpah "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) jelang bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 2021/1442 Hijriyah mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Baubau, La Ode Ali Hasan, Senin 29 Maret 2021. Menurutnya, sembako di tingkat distributor sangat tersedia.

Kata dia, jenis sembako seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan terigu hingga saat ini juga belum mengalami lonjakan harga.

"Sampai saat ini harga masih stabil. Tidak ada kenaikan sama sekali. Antisipasi (ketersediaan sembako) jelang puasa bahkan pasca lebaran cukup banyak dan melimpah," ucap La Ode Ali Hasan.

Baca Juga: Pasca Pemboman di Makassar, Brimob Polda Sultra Siagakan Tim Penjinak Bom

Dari data yang dimiliki tambah Ali Hasan, pihaknya pada Minggu ketiga bulan Maret harga gula pasir di kisaran Rp 14 ribu per kilogram, minyak goreng Rp 14 ribu per liter, tepung terigu berbagai jenis antara Rp 9 ribu - Rp 10 ribu per kilogram, dan telur ayam ras Rp 46 ribu per rak serta beras berbagai jenis di kisaran Rp 10 ribu - Rp 11.800 per kilogram.

Lebih lanjut, ia menerangkan, untuk mencegah lonjakan harga pihaknya rutin melakukan pengawasan hingga di pasar, dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait.

"Sampai hari ini belum ada gejolak harga dan stok kita juga masih sangat tersedia, karena dari awal kami melakukan pemantauan secara terus menerus di pasar sebagai tugas rutin kami. Termasuk juga melibatkan dinas terkait, terutama ketahanan pangan," pungkasnya. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga