Pemkot Belum Tangani Sampah di Kendari Secara Maksimal

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 22 Januari 2021
0 dilihat
Pemkot Belum Tangani Sampah di Kendari Secara Maksimal
Drainase kawasan Eks MTQ dipenuhi sampah. Foto: M Nasir Idris/Telisik

" Ada (yang bertugas). Tapi tidak tiap hari karena drainasenya (yang dibersihkan) berpindah dari satu tempat ke tempat lain. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di bawah kepemimpinan Sulkarnain Kadir, dinilai belum menangani masalah sampah dengan baik.

Terbukti masih banyak sampah di Kota Kendari yang berserakan dan tidak terangkut petugas kebersihan.

Tak hanya di sepanjang jalan, berdasarkan pantauan Telisik.id, banyak sampah berserakan di saluran drainase kawasan eks MTQ. Kondisi ini jelas menampar Kota Kendari sebagai kota peraih Adipura Kencana.

Saat dikonfirmasi, kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengatakan, DLHK sudah menurunkan petugas untuk membersikan saluran drainase namun tidak secara continue.

"Ada (yang bertugas). Tapi tidak tiap hari karena drainasenya (yang dibersihkan) berpindah dari satu tempat ke tempat lain," ujar Nismawati, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: BNNP Sultra Bersinergi dalam Pemberantasan Narkoba di Kolaka

Perihal masih banyaknya sampah, Nismawati berdalih kondisi air limbah di drainase.

"Memang kalau habis pasang air biasanya banyak lagi sampahnya di situ (drainase)," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Sahabuddin mengatakan, masalah sampah di Kota Kendari memang masih menjadi polemik.

Hampir di semua titik di Kota Kendari, kata Fraksi Golkar ini, sampah-sampah belum ditangani dengan baik sehingga masih menjadi catatan penting DPRD.

Tak hanya itu, Legislator Dapil Mandonga-Puuwatu inipun mengatakan, tamu luar kota yang berkunjung di Ibu Kota Sultra ini, menyoroti penanganan sampah yang masih semrawut.

''Mudah-mudahan 2021 tertangani karena sudah dianggarkan untuk kebersihan kota," pungkasnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga