Pemkot Kendari Angkat Pangan Lokal dalam Lomba Cipta Menu B2SA

Siti Nabila, telisik indonesia
Selasa, 13 Agustus 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Angkat Pangan Lokal dalam Lomba Cipta Menu B2SA
Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala saat ditemui awak media. Foto: Nabila/Telisik

" Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri.  Hal ini terbukti dengan adanya beragam olahan bahan lokal non beras sebagai bahan utama yang diadu dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Kendari, Selasa (13/8/2024).

Kegiatan ini juga sebagai media inspirasi, berkreasi untuk menciptakan dan mengembangkan resep yang dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari dan tentu memenuhi kriteria beragam bergizi dan aman berbasis pangan lokal.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala. Menurutnya, kegiatan ini merupakan realisasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, tepatnya pada pasal 60 yang menginstruksikan implementasi pangan dalam keluarga yang bisa dilakukan melalui pemilihan bahan makanan dan penyusunan menu dengan memperhatikan keragaman jenis pangannya.

Terakhir, dia mengimbau kepada warga Kota Kendari terkhusus tim penggerak PKK untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing pentingnya makanan gizi dan aman ini.

Suasana pembukaan kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA berbasis Pangan Lokal. Foto: Nabila/Telisik

 

"Ini juga bagian dari upaya menurunkan angka inflasi di Kota Kendari dan memberikan pemahaman kepada kita semua bahwa tingkat konsumsi pangan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah," tuturnya kepada awak media.

Baca Juga: Sekda Sultra Harap 50 Penari Kolosal Lulo Alu yang Tampil di Istana Negara Jadi Duta Terbaik

Sementara itu, Abdul Rauf, Kepala Dinas Ketapang Kota Kendari, Menyebut ini merupakan gerakan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah pola konsumsi masyarakat.

Menurut Rauf, kegiatan ini sebagai media edukasi kepada masyarakat untuk lebih giat mengkonsumsi makanan yang beragam bergizi seimbang dan aman. Mengingat sekarang ini marak makanan olahan cepat saji.  

Peserta lomba cipta menu B2SA perwakilan Kecamatan Kendari Barat. Foto: Nabila/Telisik

 

Dan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola konsumsi yang sehat dengan stop boros pangan di semua level dimulai dari keluarga kita masing-masing.

Hal yang sama juga diungkapkan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari drg. Fauziah bahwa dalam pemilihan makanan perlu memperhatikan gizi yang seimbang, sehat dan tentunya aman bagi kesehatan.

Pergelaran lomba cipta menu B2SA dan gerakan pangan murah di pelataran kantor Balai Kota Kendari. Foto: Nabila/Telisik

 

"Dengan adanya lomba ini, sebagai ikhtiar Pemerintah Kota Kendari dalam memberantas stunting melalui sektor ketahanan pangan," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Sediakan 500 Kuota Sunat Gratis di RS Jantung Oputa Yii Ko

Lomba ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang dirangkaikan dengan pasar murah. Lomba diikuti 11 kecamatan se-Kota Kendari.

Lomba ini digelar di pelataran kantor Balai Kota Kendari, diinisiasi oleh Dinas Pangan Kota Kendari bekerja sama dengan TP PKK Kota Kendari, Bank Indonesia.

Hadir sebagai tim juri yakni perwakilan dari TP PKK Kota Kendari, BPOM Kota Kendari dan institusi pendidikan. (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga