Pemkot Kendari Bahas Kesiapan Pilkada 2024, dari Logistik hingga Pencegahan Konflik

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 07 Juni 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Bahas Kesiapan Pilkada 2024, dari Logistik hingga Pencegahan Konflik
Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup (kiri) dan Asisten II Setda Kota Kendari (kanan). Foto: Ist.

" Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengelar rapat kesiapan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) "

KENDARI , TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengelar rapat kesiapan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada), Jumat (7/6/2024).

Rapat ini dipimpin oleh Asisten II Setda Kota Kendari, Jahudding di Balai Kota Kendari dengan menghadirkan berbagai instansi terkait termasuk Forkopimda.

Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai strategi untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pilkada, termasuk pengamanan logistik, penegakan protokol kesehatan, serta upaya pencegahan dan penanggulangan potensi konflik.

Baca Juga: Intip Harta Kekayaan Hugua yang Fantastis, Miliki Aset Tanah dan Bangunan di Jakarta Utara hingga Miliaran

Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, Asisten II, Jahuddin menegaskan komitmen pemerintah dalam menjaga integritas dan transparansi Pilkada, sekaligus memastikan bahwa seluruh tahapan berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Rapat persiapan menghadapi Pilkada 2024. Foto: Ist.

 

Rapat ini menjadi momentum penting dalam memastikan bahwa Pilkada berjalan lancar, adil dan demokratis, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.

“Melalui rapat koordinasi ini kita dapat melakukan persiapan Pemilukada agar dapat berjalan aman dan lancar, seperti mencegah adanya konflik dengan melakukan deteksi dini terkait adanya konflik serta menyediakan fasilitas dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” katanya.

Dalam kesempatan ini juga, mewakili Pj Wali Kota Kendari, Asisten II mengapresiasi dukungan Forkopimda dan dinas terkait dalam menyukseskan pemilihan presiden dan legislatif beberapa waktu yang lalu.

Asisten II Jahuddin mengimbau kepada tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat agar membantu pemerintah dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah di wilayah Kota Kendari. Foto: Ist.

 

Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak untuk menjamin Pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

“Atas nama Pemerintah Kota Kendari kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Terakhir, Jahuddin mengimbau kepada tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat agar membantu pemerintah dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah di wilayah Kota Kendari

“Kami berharap tokoh adat, agama dan masyarakat melibatkan diri dalam menciptakan situasi yang kondusif dan dapat bersinergi dengan TNI/Polri dalam upaya menjaga stabilitas lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak untuk menjamin Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan demokratis.

Berkaca dari pemilu presiden dan legislatif beberapa waktu lalu, melalui Pj Wali Kota Kendari, Pemerintah Pusat mengapresiasi Pemkot Kendari atas upaya pelaksanaan Pemilu aman, damai dan demokratis ini.

Jejeran Forkopimda Kota Kendari mengikuti rapat kesiapan Pilkada 2024. Foto: Ist.

 

“Alhamdulillah kemarin Kota Kendari zero kasus, tentunya ini semua kerjasama semua pihak dalam menyukseskan pemilu presiden dan legislatif, ini luar biasa. Saya juga diberikan apresiasi. Tentunya pemilukada ini tidak lepas dari peran semua unsur,” jelasnya.

Baca Juga: Mall Mandonga Kendari Kian Sepi Akibat Hadirnya Toko Online

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kendari, Junaidin Umar mengatakan, beberapa anggaran Pilkada 2024 tahap satu sudah dicairkan ke KPU Kota Kendari, kemudian untuk tahap kedua termasuk untuk Bawaslu.

Kemudian melalui rapat tersebut, ia berharap pada pelaksanaan Pilkada 2024 agar mengintensifkan koordinasi untuk meminimalisir konflik.

"Pertama kita hindari pergesekan-pergesekan, makanya pemerintah kota ini akan lebih mengintensifkan lagi koordinasi kami dengan forkopimda," ucapnya. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga