Wujudkan Tata Kota Bersih, Pemkot Kendari Imbau PKL Berjualan di Pasar Resmi

Siti Nabila, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Wujudkan Tata Kota Bersih, Pemkot Kendari Imbau PKL Berjualan di Pasar Resmi
Pj Wali Kota Kendari memimpin rapat evaluasi PAD, Senin (10/6/2024) di kantor Balaikota Kendari. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Pemerintah Kota Pemkot Kendari mengimbau kepada seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan di pasar-pasar resmi yang telah disediakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Pemkot Kendari mengimbau kepada seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan di pasar-pasar resmi yang telah disediakan. Langkah ini diambil dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menjaga ketertiban serta kebersihan kota.

Hal itu ditegaskan Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, dalam rapat evaluasi pendapatan asli daerah, di Balai Kota Kendari, Senin (10/7/2024).

Rapat tersebut, dihadiri oleh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kendari, untuk membahas capaian  serta tantangan yang masih dihadapi dalam mengoptimalkan PAD.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menegaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk mengoptimalkan kembali fungsi pasar-pasar yang ada di Kota Kendari. Dengan berjualan di pasar resmi, diharapkan para pedagang dapat meningkatkan omzet mereka dan mengurangi keluhan masyarakat terkait jualannya yang sepi.

Rapat evaluasi PAD yang digelar Pemkot Kendari. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

“Oleh karena itu, supaya pasar ini ramai, kita tertibkan orang-orang yang ada di luar. Apa yang kita lakukan ini bagian untuk meningkatkan PAD, untuk meramaikan pasar,” jelasnya.

Baca Juga: Empat Kabupaten di Sulawesi Tenggara jadi Fokus Penilaian Inflasi

Bersamaan dengan itu Pj Wali Kota Kendari meminta Satuan Tugas (Satgas) Penertiban yang dipimpin oleh Asisten I Pemkot Kendari, Amir Hasan, guna menertibkan PKL yang berjualan di pinggir jalan.

Pemkot Kendari menggelar rapat evaluasi PAD diikuti lurah, camat dan kepala OPD. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

“Salah satu langkah yang paling efektif untuk meningkatkan kegiatan pasar ini kita tertibkan PKL yang ada di pinggir jalan, suruh masuk ke pasar. Oleh karena itu tugas Satgas harus betul-betul diintensifkan dan jangan bosan-bosannya melakukan penertiban di lapangan,” katanya.

Untuk meningkatkan PAD pasar ini, Pj Wali Kota Kendari berharap camat dan lurah melibatkan RT/RW untuk mensosialisasikan kepada PKL di wilayahnya masing-masing.

Para peserta rapat evaluasi PAD yang dipimpin Pj Wali Kota Kendari. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

“Bapak/ibu lurah saya minta selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat utamanya terkait para pedagang-pedagang ini. Coba lihat berdasarkan laporan kita cukup kecil, karena apa para pedagang ini sudah berjualan di luar di pinggir jalan,” jelasnya.

Baca Juga: Layanan Pertanahan di Kota Kendari Luncurkan Sertifikat Elektronik

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Kendari yang bertanggung jawab atas pemungutan pajak, terus berupaya meningkatkan kinerja mereka demi mengoptimalkan pendapatan daerah. Berbagai inovasi dan kolaborasi lintas sektor dilakukan untuk mencapai target tersebut.

“Saya melihat beberapa OPD sebagai pemungut PAD ini sudah menunjukkan tren yang cukup tapi tentunya harus ditingkatkan. Di sisi lain ada beberapa OPD sebagai pemungut PAD ini ternyata belum sama sekali mencapai target di bulan ini, tolong ini terus dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan PAD, karena ini juga berdampak pada pembangunan,” harapnya.

Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi tersebut, diharapkan OPD pemungut pajak di Kota Kendari dapat terus meningkatkan kinerja mereka, sehingga pendapatan daerah dapat optimal dan digunakan untuk pembangunan yang lebih baik. (C-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga