Pemkot Kendari Lepas 574 Calon Jemaah Haji

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Pemkot Kendari Lepas 574 Calon Jemaah Haji
Ratusan peserta menghadiri pelepasan CJH sebanyak 574 orang menuju Asrama Haji, di mana akan diberangkatkan menuju Mekkah atau Madinah pada Senin (10/6/2023). Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari melepas calon jemaah Haji (CJH) sebanyak 574 orang menuju Asrama Haji. Pelepasan CJH dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu bertempat di Hotel Zahra Syahria Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari melepas calon jemaah Haji (CJH) sebanyak 574 orang menuju Asrama Haji. Pelepasan CJH dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu bertempat di Hotel Zahra Syahria Kendari, Senin (29/5/2023).

Diketahui 574 CJH itu terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 24 sebanyak 385 orang yang seluruh peserta berasal dari Kota Kendari. Sedangkan kloter 25 sebanyak 384 orang CJH yang berasal dari Kabupaten Konawe, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Muna Barat dan Konawe Utara.

Dari kedua kloter tersebut, sekitar 200 orang di antaranya atau 40 persen adalah lansia. Ditambah panitia haji daerah (PHD) 4 orang, dan 5 orang pendamping.

Baca Juga: Pemkot Kendari Menanam Kembali Pasca 3 Ribu Pohon Ditebang

Asmawa mengucapkan, selamat kepada 574 CJH karena telah dipanggil dan akan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji tahun haji 1444 Hijriah. Asmawa mendoakan kepada seluruh CJH, agar senantiasa diberikan kekuatan lahir dan batin oleh Allah SWT serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

574 orang CJH juga dipesan menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah selama berada di Tanah Suci.

"40 hari itu waktu yang sangat singkat pada saat kita ada di Tanah Suci. Saya yakin kalau kita diberi pilihan apakah menambah untuk memperbanyak ibadah di sana pasti semuanya akan mengatakan ia, tetapi aturannya hanya 40 hari, maka kami pesankan pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya," ucap Asmawa Tosepu.

Lanjut Asmawa, waktu yang ada dapat digunakan untuk berzikir, berdoa, bersedekah dan bertawakal kepada Allah. Tujuannya mendapatkan ridho Allah SWT, yakni menjadi haji yang mabrur dan hajjah mabruroh.

Sementara Kepala Kemenag Kota Kendari, Lalan Jaya menyampaikan, 574 CJH Kota Kendari akan dibagi menjadi 2 kloter 24 dan kloter 25. Semuanya akan terbang dari Tanah Air melalui Embarkasi Haji Makassar menuju Mekkah atau Madinah yang akan berangkat pada Senin (10/6/2023).

Baca Juga: Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkot Kendari Ikut Uji Kompetensi

"Kloter 24 dari Tanah Air berangkat pukul 08.00 Wita dan kloter 25 berangkat pukul 23.00 Wita," tutup Lalan Jaya.

Salah satu jemaah haji tertua, Hamina mengatakan, ia sudah sangat siap untuk menjalankan ibadah haji, meski belakangan ini ia kerap merasakan sakit kepala.

"Kalau sudah ada rezeki, memang saya siap dan sudah niat untuk pergi haji," katanya dengan terbata-bata usai mengikuti pelepasan jemaah haji. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga