Pemkot Kendari Optimalkan Jaga Kebersihan Kota saat Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 08 Mei 2021
0 dilihat
Pemkot Kendari Optimalkan Jaga Kebersihan Kota saat Lebaran
Petugas kebersihan di lapangan saat mengangkut sampah di TPS. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Sudah menjadi kebiasaan kita tiga hari sebelum lebaran itu kita adakan rapat dengan petugas kebersihan, untuk mengkoordinasikan agar kota tetap bersih dan mereka juga bisa berlebaran. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah melakukan berbagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, termasuk tetap memastikan kebersihan kota.

Pemkot Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari telah menyusun perencanaan dalam menjamin agar kebersihan kota tetap terjaga meski di saat lebaran.

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, menjelang lebaran pihaknya bakal melakukan rapat dengan petugas kebersihan yang ada di lapangan, mulai dari petugas sampah hingga penyapu jalanan.

"Sudah menjadi kebiasaan kita tiga hari sebelum lebaran itu kita adakan rapat dengan petugas kebersihan, untuk mengkoordinasikan agar kota tetap bersih dan mereka juga bisa berlebaran," katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca juga: DLHK Kendari Butuh Personel untuk Sembilan Armada Baru, Ini Syaratnya

Baca juga: Larangan Mudik, Penjagaan di Perbatasan Kendari Dibuat Lebih Rileks

Harus dimaklumi, kata dia, para petugas kebersihan di lapangan juga mau menikmati hari lebaran bersama keluarga. Apalagi hal tersebut sudah menjadi haknya.

"Jadi untuk sampah ini, memang satu atau dua hari sebelum lebaran kita sisir seluruh TPS atau bak sampah di Kota Kendari. Kita kerja lembur agar tidak ada tersisa sampah satu hari sebelum lebaran," tambahnya.

Sehingga, tambah dia, begitu di hari lebaran maka sampah yang ada di TPS atau bak sampah tinggal sampah saat hari lebaran saja.

"Saat lebaran nantinya, sampah yang ada hanya sampah lebaran saja, tidak ada sampah kemarin," tutupnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga