Pemkot Kendari Resmikan Rumah Sakit Antero Hamra November Ini

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 03 November 2023
0 dilihat
Pemkot Kendari Resmikan Rumah Sakit Antero Hamra November Ini
Kepala RSUD Antero Hamra, dr Fatma sedang menunjukkan salah satu alat kesehatan di ruang operasi pada Pj Wali Kota Kendari dan Sekda Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari bersama Sekda dan sejumlah kepala OPD terkait, Jumat (3/11/2023) mengunjungi Rumah Sakit (RS) Antero Hamra, mengecek kesiapan rumah sakit itu terkait rencana peresmian November ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari bersama Sekda dan sejumlah kepala OPD terkait, Jumat (3/11/2023) mengunjungi Rumah Sakit (RS) Antero Hamra, mengecek kesiapan rumah sakit itu terkait rencana peresmian November ini.

Kunjungan dilakukan untuk memastikan kondisi fisik bangunan siap digunakan, termasuk kelengkapan fasilitas alat kesehatan (alkes). Kunjungan diawali di ruang IGD, dilanjutkan ke ruangan operasi, ruang rawat inap dan ruangan poli.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menjelaskan, hasil kunjungannya RSUD Antero Hamra sudah siap digunakan dengan sejumlah fasilitas telah tersedia. Sehingga setelah diresmikan di November ini, rumah sakit yang dibangun dengan dana PEN ini bisa segera digunakan.

Baca Juga: Cinema XXI Resmi Hadir di Kota Kendari, Film Budi Pekerti Diputar Perdana

"Diserahkan terimakan terlebih dahulu dari pelaksana pekerjaan kepada pemerintah kota, diresmikan, langsung bisa dioperasionalkan, sehingga anggaran yang bersumber dari pinjaman itu, betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama dalam upaya kita dalam meningkatkan derajat masyarakat Kota Kendari," jelasnya.

Dari kunjungan itu, Pj Wali Kota Kendari masih menemukan sejumlah pekerjaan minor (kecil) yang harus diselesaikan diperkirakan seluruhnya tidak lebih dari 1 persen. Namun dia optimis pekerjaan itu bisa tuntas sebelum diresmikan.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini berharap, semua perbaikan minor bisa selesai sebelum diresmikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum menyatakan, semua fasilitas mobiler dan alkes sudah siap seluruhnya. Sebagian sudah dipasang di RSUD Antero Hamra, sisanya akan dipasang bersamaan dengan penyelesaian ruangan. Sehingga dia optimis RSUD Antero Hamra bisa digunakan selesai peresmian yang direncanakan November ini.

"Dari sisi obat dan BMHP (bahan medis habis pakai) atas izin pemkot, kami dari Dinas Kesehatan bisa backup, dialihkan sebagian sesuai kebutuhan dari gudang farmasi," ungkapnya.

Dari sisi izin operasional, kepala Rumah sakit Antero Hamra, dr Fatma menjelaskan, saat ini masih sedang dalam proses pengurusan, diupayakan sebelum peresmian izin operasional sudah keluar.

Menurutnya, saat ini dia masih sedang melengkapi dokumen kelengkapan izin operasional, termasuk kesiapan sumber daya manusia pendukung kegiatan operasional rumah sakit type D itu.

Baca Juga: Penjual Air Bersih Raup Untung di Musim Kemarau

"Untuk dokter spesialis kita akan ambil dari luar, karena dokter dari RSUD Kota Kendari sudah habis kecuali satu dokter spesialis anak," ungkapnya.

Ikut juga dalam kunjungan ini, Asisten I dan II, Inspektur, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Kota Kendari, Kasat Pol PP, Kadis PU, Direktur RSUD Antero Hamra dan Sekretaris PU selaku PPK.

Sebelum melakukan kunjungan Pj Wali Kota Kendari memimpin rapat membahas proses penyelesaian pembangunan RSUD Antero Hamra di ruang rapat Wali Kota Kendari. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga