Pemkot Kendari Siapkan Dua Pilihan Vaksin, Warga Boleh Memilih

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 11 September 2021
0 dilihat
Pemkot Kendari Siapkan Dua Pilihan Vaksin, Warga Boleh Memilih
Suasana saat Wali Kota Kendari divaksin COVID-19. Foto: Ist.

" Demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan vaksinasi, saat ini Dinas Kesehatan Kota Kendari menyiapkan dua jenis vaksin yakni Sinovac dan Moderna. "

KENDARI, TELISIK, ID - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kesehatan Kota Kendari terus menyediakan layanan vaksinasi bagi masyarakat.

Bukan hanya itu, demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan vaksinasi, saat ini Dinas Kesehatan Kota Kendari menyiapkan dua jenis vaksin yakni Sinovac dan Moderna.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Kendari, Samsul Bahri, mengatakan, saat ini pihaknya memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih  salah satu vaksin yang ingin ia gunakan.

“Masyarakat yang mau vaksin itu tinggal pilih, mau vaksin Sinovac atau Moderna,” ungkapnya kepada awak media, Sabtu (11/9/2021).

Namun untuk  vaksin Moderna, menurut Samsil Bahri, hanya diberikan kepada mereka yang telah berumur 18 tahun ke atas. Sedangkan Sinovac untuk 12 tahun ke atas. Untuk itu Samsul berharap, masyarakat betul-betul memanfaatkan bantuan vaksin yang diberikan oleh pemerintah.

“Semua jenis vaksin Pemkot Kendari siapkan dengan gratis. Saat ini ada 540 vial khusus Moderna. Silakan datang, kita buka mulai umum 12 tahun ke atas,” beber Samsul.

Baca juga: Pasien Sembuh di Kendari Terus Bertambah, RSUD Kurangi Bed Isolasi COVID-19

Baca juga: Waspada, Intensitas Hujan 3 Hari ke Depan di Kendari Masih Tinggi

“Dengan adanya antibodi di dalam tubuh mereka yang telah divaksin, otomatis kekebalan tubuhnya akan terjaga meskipun mereka berinteraksi dengan orang yang bergejala,” jelasnya.

Saat ini Dinas Kesehatan juga tengah menggenjot vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga kesehatan. Tercatat sudah ada sebanyak 1.897 tenaga kesehatan di Kota Kendari telah menjalani vaksinasi tahap ketiga.

“Vaksinasi tahap 3 untuk nakes masih berjalan. Sesuai data Kementerian Kesehatan, jumlahnya ada 4.151 nakes, sementara 1.897 nakes yang sudah divaksin tahap ketiga menggunakan vaksin Moderna,” beber Samsul.

Samsul kembali berharap, semua nakes menjalani vaksinasi tahap ketiga ini. Harapannya agar nakes Kota Kendari terhindar dari paparan COVID-19.

“Kalau dari kementerian diharapkan agar semua nakes Kota Kendari harus divaksin tapi kan kalau banyak-banyak masalah, apalagi sakit, kita juga tidak bisa paksakan, tidak bisa diberikan. Tapi diharapkan semua divaksin,” pungkasnya.

Sebagai informasi, bagi remaja usia 12 hingga 17 tahun ke atas agar didampingi orang tua saat mengikuti vaksinasi dan membawa kartu keluarga. Pendaftaran bisa secara online melalui www.ayovaksindinkeskdi.id. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga