Pemkot Kendari Usung Program Gerakan Keluarga Sakinah untuk Penurunan Stunting

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 24 Juli 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Usung Program Gerakan Keluarga Sakinah untuk Penurunan Stunting
Gerakan Keluarga Sakinah ini sangat penting dalam upaya memperbaiki kualitas hidup keluarga. Foto: Ist.

" Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk mengatasi masalah stunting adalah Gerakan Keluarga Sakinah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk mengatasi masalah stunting adalah Gerakan Keluarga Sakinah.

Gerakan yang mengusung tema "Bersama Cegah Stunting Menuju Keluarga Bahagia, Sehat, dan Sejahtera" ini bertujuan meningkatkan kualitas keluarga secara terencana, sistematis, komprehensif, dan berkelanjutan.

Dari keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, Selasa (23/7/2024), melalui gerakan ini Pemkot Kendari berusaha mengatasi masalah stunting yang masih menjadi tantangan besar di masyarakat.

Asisten II Pemkot Kendari menyebut bahwa Gerakan Keluarga Sakinah ini sangat penting dalam upaya memperbaiki kualitas hidup keluarga. Hal ini berdasarkan Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, diharapkan agar setiap keluarga di Indonesia menjadi keluarga yang berkualitas.

ASN yang hidup harmonis dan sejahtera akan lebih mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Foto: Ist.

 

Undang-undang ini menegaskan pentingnya keluarga yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, serta berwawasan dan bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: Sebanyak 25 Anak di Puskesmas Mekar Kendari Alami Stunting, Begini Penanganannya

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disadalduk dan KB) menambahkan bahwa dasar perkawinan yang sah harus memenuhi beberapa kriteria.

Bersama cegah stunting menuju keluarga Bahagia, sehat, dan sejahtera. Foto: Ist.

 

Kriteria tersebut meliputi kesejahteraan, kesehatan, kemandirian, serta kemampuan untuk mengelola jumlah anak secara ideal. Dengan demikian, keluarga yang dibangun akan mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan dengan baik.

Melalui Asisten II, memberikan apresiasi kepada ASN yang secara aktif mengikuti kegiatan Gerakan Keluarga Sakinah. Gerakan ini tidak hanya sebagai wadah untuk saling mengingatkan dalam kebaikan antar pengurus, tetapi juga menjadi sarana silaturahmi.

Peran ASN sangat vital dalam menyukseskan program Keluarga Sakinah. Foto: Ist.

 

Kegiatan seperti ini dianggap sangat penting untuk diterapkan oleh setiap ASN di Kota Kendari agar mereka dapat hidup harmonis dan membawa dampak sosial positif di lingkungannya.

Baca Juga: 5 Aspek Nasional Kinerja Triwulan II, Pj Wali Kota Kendari Dijempol Inspektorat Jenderal Kemendagri Soal Penurunan Stunting

Pemerintah Kota Kendari juga menyadari bahwa peran ASN sangat vital dalam menyukseskan program ini. Dengan melibatkan ASN dalam Gerakan Keluarga Sakinah, diharapkan mereka dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

ASN yang hidup harmonis dan sejahtera akan lebih mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada pembangunan daerah secara keseluruhan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala OPD lingkup Pemkot Kendari, camat, lurah, serta ASN Pemkot Kendari. Kehadiran para pejabat ini menunjukkan komitmen penuh Pemkot Kendari dalam menyukseskan Gerakan Keluarga Sakinah. Kegiatan ini berlangsung di Aula Teporombua Balai Kota Kendari pada Kamis, 30 November 2023. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga