adplus-dvertising

Pemkot Kerahkan Ribuan Personel Bersihkan Kawasan Eks MTQ

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 02 Desember 2022
423 dilihat
Pemkot Kerahkan Ribuan Personel Bersihkan Kawasan Eks MTQ
Pj Wali Kota Kendari bersama Danlanal Kendari turun tangan membersihkan rumput yang sudah meninggi di kawasan Tugu Persatuan. Foto: Sumarlin/Telisik

" Sekira 3 ribu personel yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) Kota Kendari, TNI dan Polri, serta organisasi masyarakat, bekerja bakti membersihkan kawasan Tugu Religi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekira 3 ribu personel yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) Kota Kendari, TNI dan Polri, serta organisasi masyarakat, bekerja bakti membersihkan kawasan tugu religi yang sudah dipenuhi rumput dan sampah.

Pembersihan ini dilakukan setelah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyerahkan pengelolaan eks MTQ pada Pemerintah Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu juga langsung turun tangan memotong rumput menggunakan mesin di sekitar kawasan Tugu Religi. Aksi ini diikuti Ketua DPRD Kota Kendari, Komandan Lanal Kendari dan Komandan Kodim 1417 Kendari.


Pj Wali Kota Kendari menjelaskan, pembersihan ini merupakan upaya awal Pemerintah Kota Kendari menyatakan kesiapannya menerima pengelolaan kawasan Tugu Persatuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Asmawa Tosepu menyampaikan ucapan terima kasih pada Gubernur Sulawesi Tenggara yang telah mempercayakan pengelolaan dan penataan kawasan Tugu Persatuan sebagai ikon Sulawesi Tenggara dan khususnya Kota Kendari.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Tumbuhkan Budaya Hidup Sehat dengan Germas

"Di dalamnya InsyaAllah akan disiapkan kawasan kuliner dan kawasan UMKM di Kota Kendari," ungkapnya saat meninjau pembersihan.

Dia meminta dukungan semua pihak untuk menjadikan kawasan eks MTQ ini sebagai ruang publik yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga, seni, budaya dan ekonomi. Kawasan ini nantinya akan dikelola secara profesional.  

Sedangkan Ketua Satgas Penataan Kota Kendari, Amir Hasan menjelaskan, pembersihan kawasan Tugu Persatuan juga melibatkan Satgas, termasuk mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan beberapa titik yang dipenuhi tanah.

Baca Juga: Tingkat Penghunian Hotel Bintang di Sulawesi Tenggara Naik 1,93 Poin

"Kami juga akan melakukan pemangkasan pepohonan di kawasan Tugu Persatuan agar lebih rapi," katanya.

Pembersihan kawasan eks MTQ ini juga menurunkan sejumlah armada pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk diketahui  saat ini Pemerintah Kota Kendari dan Pemda Sulawesi Tenggara sedangkan menyusun nota kesepahaman (Mou)  tentang pengelolaan kawasan eks MTQ. Diharapkan penandatanganan MoU bisa dilakukan di bulan Desember ini.  (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga