Pemkot Launching Mobil Listrik Berbasis Baterai

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 09 Mei 2021
0 dilihat
Pemkot Launching Mobil Listrik Berbasis Baterai
Mobil listrik Hyundai LoniQ Electric saat test drive oleh Wali Kota Kendari. Foto: tangkapan layar YouTube Kendarikota.go.id

" Jadi inilah alasannya kenapa Kota Kendari mengambil inisiatif untuk menjadi lokomotif memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaunching mobil listrik Hyundai LoniQ Electric jenis sedan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota ke-190, Minggu (9/5/2021).

Sebelum dilaunching, Pemkot Kendari dan PT Gowa Modern Motor melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, kehadiran kendaraan listrik berbasis baterai ini menjadi salah satu cara daerah memperkenalkan potensinya.

"Kita tahu bersama Sultra ini memiliki deposit nikel terbesar di dunia. Dan salah satu produk dari hasil nikel ini adalah baterai litium yang menjadi komponen utama dari kendaraan listrik," ungkap Sulkarnain Kadir, di Rumah Jabatannya usai upacara HUT Kota Kendari.

"Jadi inilah alasannya kenapa Kota Kendari mengambil inisiatif untuk menjadi lokomotif memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat," sambungnya.

Baca juga: 2022, DLHK Kendari Bakal Adakan Tempat Pembuatan Kompos

Baca juga: Penyekatan di Perbatasan: Motor Diperiksa, Mobil Bebas

Sulkarnain menuturkan, mobil Hyundai Loniq Electric itu nantinya akan digunakan untuk operasional pemerintah.

"Dan nanti secara bertahap kita akan mengganti kendaraan-kendaraan yang selama ini masih menggunakan bahan bakar fosil, kita alihkan menjadi bahan bakar listrik karena ramah lingkungan dan jauh lebih hemat," jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk turut menggunakan produk ini, demi membantu mewujudkan Kota Kendari yang layak huni berbasis ekologi, karena mobil ini lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang.

Senada Bobby Wirawan, Deputi General Manager Regional Sales, PT. Hyundai Motors Indonesia mengatakan, mobil listrik Hyundai Loniq Electric memiliki kapasitas baterai 38,3 kWh dan bisa menempuh jarak 311 kilometer .

Sementara itu, lanjut Bobby Wirawan, posisi beterai di bawah kabin.

"Tapi tidak perlu khawatir karena penumpang dan pengendara tidak akan tersengat listrik pada saat mengendarai mobil ini walaupun melewati genangan air karena mobil ini sudah memiliki sertifikat IP69K yang artinya, mobil ini tahan terhadap zat padat seperti debu serta tekanan air daya tinggi dari segala sisinya," jelas Bobby Wirawan. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga