Pemkot Medan Terapkan PPKM Level I, Wali Kota Beberkan Indikatornya

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 13 Desember 2021
0 dilihat
Pemkot Medan Terapkan PPKM Level I, Wali Kota Beberkan Indikatornya
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama dengan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong di Medan. Foto: Humas Pemkot Medan

" Kota Medan baru saja masuk level 1 PPKM. Ada beberapa indikator dan sudah penuhi syarat. Terutama paling tinggi indikator testing harian dan vaksinasi lansia "

MEDAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Medan telah memasuki tahapan PPKM Level I. Masyarakat diwajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari kenaikan kasus pandemi COVID-19.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan itu kepada sejumlah awak media ketika menjadi narasumber Podcast dengan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong di Medan, Minggu (12/11/2021).

Pada podcast yang disiarkan streaming di Medsos dan YouTube tersebut, Bobby Nasution banyak bicara soal upaya pencegahan COVID-19 di Kota Medan.

"Benar. Kota Medan baru saja masuk level 1 PPKM. Ada beberapa indikator dan sudah penuhi syarat. Terutama paling tinggi indikator testing harian kita penuhi syarat, vaksinasi lansia juga sudah terus dilakukan. Kita komitmen tingkatkan vaksinasi lansia di 60 persen," kata Bobby lewat release yang diterima awak media, Senin (13/12/2021).

Cara Bobby untuk memaksimalkan vaksinasi lansia memiliki kesulitan tersendiri, namun Suami Kahiyang Ayu ini akan terus berusaha mengajak warga untuk divaksin.

Menurutnya, warga lansia diketahui ada yang mengidap penyakit bawaan atau komorbid. Dia tetap memerintahkan jajaran di bawahnya untuk lebih masif mensosialisasikan dan membujuk lansia dengan konsep Medical Tourism.

Baca Juga: Peduli Semeru, Komunitas Punk Sampai Aktivis Perempuan Turun ke Jalan

"Kita hadir lebih dekat kepada masyarakat untuk vaksin. Misalnya kalau akhir pekan banyak masyarakat berlibur ke hotel-hotel atau tempat wisata, maka di sana kita hadirkan pelayanan vaksinasi. Di situ kita berikan juga vaksin kepada lansia. Jadi kita benar-benar kejar target agar vaksinasi lansia di atas 60 persen," lanjut Bobby.

Kata menantu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini, tim dari Pemkot Medan akan hadir "jemput bola" ke rumah warga.

"Kami akan hadir di banyak tempat yang memudahkan masyarakat untuk vaksin. Terutama lansia. Fasilitas untuk vaksin akan diperbanyak dan dipantau. Medical Tourism hadir di beberapa tempat, itu untuk upaya serius pemerintah tuntaskan kasus COVID-19," terangnya.

Baca Juga: Mendesak, Ini Kebutuhan Paling Dibutuhkan Pengungsi Semeru

Bobby mengakui, turunnya PPKM di Kota Medan dari Level II menjadi Level I dikarenakan vaksinasi untuk masyarakat telah memenuhi target.

"Iya, vaksinasi yang kami lakukan sudah memenuhi target. Selain itu, turunnya PPKM di Kota Medan ke level 1 tentunya berkat kolaborasi kuat antara Pemkot Medan dengan unsur TNI/Polri, stakeholder, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat Kota Medan. Ayo kita selalu terapkan protokol kesehatan," ajaknya. (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga