Pemkot Minta Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui UMKM yang Diwadahi IWAPI

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Pemkot Minta Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui UMKM yang Diwadahi IWAPI
Pengukuhan DPC IWAPI yang bersinergi bersama pemerintah diharapkan oleh Pj Wali Kota Kendari untuk meningkatkan kemampuan, ekonomi keluarga dan juga daerah. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Tidak dapat dipungkiri, perempuan saat ini memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, bahkan tak sedikit para pencari nafkah dalam keluarganya adalah perempuan "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak dapat dipungkiri, perempuan saat ini memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, bahkan tak sedikit para pencari nafkah dalam keluarganya adalah perempuan.

Melihat potensi yang dimiliki oleh perempuan, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar pengukuhan DPC IWAPI Kota Kendari periode 2023-2028 yang berlangsung di Ruang Pola Balai Kota Kendari, Senin (30/1/2023).

Dalam sambutannya, Ketua DPD IWAPI Sulawesi Tenggara, Rinna Diazella mengatakan, usaha mikro banyak digeluti oleh kaum perempuan, dengan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM sehingga dapat berkolaborasi dengan program pemerintah.

Baca Juga: Pelaku UMKM Kuliner Ramai Berjualan di RTH Papalimba Puday

Peran perempuan dalam kemampuan kewirausahaan berdampak luas, tidak hanya bagi peningkatan ekonomi keluarga, daerah dan nasional, namun juga akan mendorong tersedianya lapangan kerja untuk menyerap angkatan kerja.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengharapkan, DPC IWAPI Kota Kendari mampu memberikan kontribusi dan dapat bekerja secara optimal serta mampu berkolaborasi dengan pemkot.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di daerah sehingga berimbas pada peningkatan level UMKM. Terlebih saat ini Pemkot Kendari tengah mengembangkan potensi UMKM yang berlokasi di eks MTQ.

Sebagai Pembina DPC IWAPI Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengakui pada 2022, pandemi COVID-19 memukul berbagai sendi perekonomian, salah satunya adalah pelaku usaha.

"Pelantikan ini saya harap bisa menjadi suntikan semangat bagi ibu-ibu, dalam mengelola dan mengembangkan potensi sumber daya yang ada di Kota Kendari. Sehingga mampu membangkitkan gairah usaha,” tuturnya.

Baca Juga: Omzet Penjual Sepatu Naik Gegara Lapangan Futsal Menjamur

Anggota DPRD Kota Kendari, Abdul Rasak juga menyambut baik kegiatan itu, ia menyebut jika DPC IWAPI bisa segera mengambil langkah-langkah yang bisa bersinergi dengan pemerintah.

Selain menggelar pengukuhan, nampak beberapa produk UMKM yang dijual dan jejer dengan rapi di area pintu masuk Ruang Pola Balai Kota, mulai dari kain hingga aneka jenis snack.

Dalam pengukuhan DPC IWAPI ini dihadiri oleh anggota DPRD Kota Kendari Abdul Rasak, Arwin dan Rusiawati Abunawas, para pengurus DPD IWAPI Sulawesi Tenggara, Ketua DPC IWAPI Konawe dan Baubau. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga